17 Jenis Tanaman Hias Gantung Favorit dan Keren

Memiliki tanaman di rumah adalah tindakan yang tepat saat kamu tidak di perkotaan. Karena keberadaan tanaman ini, dapat memberikan kenyamanan dan kesejukan saat lelah karena pekerjaan. Lebih dari itu, tanaman ini dapat menghasilkan oksigen pada hunian.

Bila demikian, jenis tanaman hias gantung apa saja yang cocok ditempatkan di rumah?

Selain alasan kesehatan, alasan lain muncul saat bermunculan tempat-tempat berfoto menarik dengan tanaman hias gantung. Kamu dapat menciptakan spot berfoto sendiri, saat memiliki tanaman gantung yang disusun sedemikian rupa.

Sudah tidak sabar dan ingin mencoba membuatnya di rumah? Pilih dahulu beberapa tanaman yang cocok dijadikan tanaman gantung, setelah informasi ini.

17 Jenis-Jenis Tanaman Hias Gantung Terbaik

Terdapat banyak jenis tanaman hias di Indonesia, namun tidak semua cocok dijadikan tanaman hias gantung. Untuk itu, berikut ini disampaikan beberapa tanaman yang cocok digantung di rumah:

Dischidia Ovata

Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang kecil, dengan guratan garis putih. Berbeda dengan tanaman hias lainnya, Dischidia Ovata memiliki daun yang lentur.

Pola perawatannya harus diperhatikan, di mana harus ditempatkan di sirkulasi udara yang baik. Satu tempat yang disarankan untuk menepatkannya adalah teras rumah.

Hoya Compacta

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman merambat dengan rangkaian daun melengkung. Kamu dapat meletakkannya di dalam rumah sebagai properti penambah kenyamanan. Namun sebelumnya, berikan tanaman ini paparan sinar matahari selama setengah hari.

Setelahnya, tanaman dapat dimasukkan ke dalam ruangan baik itu didalam rumah ataupun juga bisa di sekitaran kantor yang bertipe rumah dan ruko. Semua nya tentu tergantung dari seberapa kreatif kamu dalam memanfaatkan Hoya Compacta tersebut.

Terang Bulan

Memiliki warna hijau muda, akan memberikan aksen sejuk dan segar saat menggantungkannya di rumah. Namun sebelum menggantungnya, kamu harus memperhatikan panjang tanaman. Karena tanaman ini termasuk tanaman merambat. Jika sudah terlalu panjang, lakukan pemotongan dahan, sehingga tanaman tetap nampak indah.

Sirih Marble

Walaupun memiliki nama yang sama, tanaman ini bukanlah tanaman sirih. Daunnya cukup berbeda, dengan daun yang menyerupai permukaan marble. Karena coraknya yang unik inilah, banyak orang yang menyukai dan di tempatkan didalam rumah. Untuk menambah kesan lebih indah, padukan dengan beberapa jenis tanaman hias gantung lainnya.

Baby Tears Plant

Daunnya yang mungil, membuatnya memiliki kesan fragile. Namun sebenarnya, tanaman ini memiliki kekuatan yang tinggi sebagai sebuah tanaman hias indoor. Kamu dapat meletakkannya di tempat yang rendah pencahayaan dan ia akan tumbuh subur. Walaupun demikian, selalu lakukan penggantian media tanam, agar baby tears plant dapat tumbuh lebih cantik.

Dischidia Geri

Masih ada spot kosong di sekitar jendela? Inilah waktu yang tepat untuk meletakkan Dischidia Geri. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di pot gantung dan jendela rumah, tanpa membutuhkan perawatan lebih. Pemiliknya hanya perlu menyirami bila tanaman terlihat kering. Jadi cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu banyak untuk perawatan tanaman.

Tradescantia

Tidak boleh terlalu lembab pada bagian akar, inilah kunci agar tanaman ini dapat bertahan hidup. Warna dasar yang menjadi ciri khasnya adalah ungu, putih, hijau dan silver. Dari sinilah dapat diketahui apakah tanaman tersebut termasuk tradescantia atau sebaliknya. Mudahkah mendapatkannya? Kamu dapat mencarinya di toko bunga terdekat dengan harga yang miring.

Peperomia Hope

Untuk kamu yang akan memelihara tanaman ini, sebaiknya cari tempat terbaik sebelum meletakannya. Karena Peperomia Hope membutuhkan tempat yang teduh dan berangin. Perawatan lanjutannya hanyalah membahasi seluruh bagian tanaman saat memberikan air, sebanyak satu atau dua minggu sekali dalam seminggu.

Heartleaf Philodendron

Daunnya yang menyerupai bentuk hati, membuat nama tanaman ini heartleaf. Karena termasuk tanaman merambat, kamu harus merawatnya hingga terdapat juntaian dedaunan pada bagian bawah pot. Tanaman ini dapat hidup dan tumbuh dalam kondisi cahaya yang redup. Namun, akan semakin subur, bila juntaian dedaunannya terkena paparan sinar matahari.

Million Hearts

Tanaman lain yang cocok dijadikan penghias rumah adalah Million Hearts. Tanaman ini memiliki daun yang tebal dan kaku seperti sebuah succulent. Bentuk daunnya cukup unik, dengan bentuk hati. Satu hal yang harus diperhatikan saat menjadikannya hiasan rumah adalah sulurnya. Karena sulut ini dapat memanjang, mencapai satu meter. Karenanya penting memperhatikan ruang.

English Ivy

Tanaman ini kerap salah dikenal banyak orang, karena daunnya nyaris menyerupai daun maple. Namun semakin didekati, akan nampak berbeda, karena daunnya hanya memiliki tiga sudut. Warnanya cukup unik, dengan tiga paduan, yaitu hijau, putih dan kuning. Tentunya akan sangat cocok, bila kamu memiliki ruangan yang memiliki dominan salah satu warna tersebut.

Philodendron Brasil

Tentu kamu sudah mengetahui bahwa jenis tanaman hias gantung ini berasal dari Brasil dari namanya. Bila telah memahaminya dan tetap berminat untuk membawanya pulang, siapkanlah dana yang memadai. Untuk perawatannya, cukup rumit bagi seorang pecinta tanaman hias pemula. Karena tanah yang digunakan harus benar-benar kering 50% sebelum mulai menyiraminya kembali.

Scindapsus

Bila memkamung namanya, mungkin akan muncul anggapan bahwa tanaman ini sulit dirawat. Namun sebaliknya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Karena penyiraman pun hanya perlu dilakukan dua kali dalam satu minggu. Agar tidak salah dalam membeli tanaman ini, pahamilah bahwa Scidapsus memiliki paras berwana hijau dengan jejak putih di daunnya.

Dischidia Nummularia

Nama lain tanaman ini adalah Variegata yang dapat tumbuh dalam ruangan sempit sekalipun. Warna tanaman ini adalah hijau dengan paduan warna ungu. Untuk membelinya, kamu dapat mencarinya di toko bunga besar. Karena tanaman ini termasuk tanaman yang cukup langka dan mulai sulit didapat. Namun masalah perawatan, tidak terlalu sulit.

Wijaya Kusuma

Lihat juga : Jenis Tanaman Hias Daun Terbaik Untuk Rumah

Selain Terang Bulan, terdapat tanaman khas Indonesia yang dapat dijadikan pilihan. Wijaya kusuma memiliki daun yang panjang dan tergolong sebagai tanaman jenis succulent. Untuk kamu yang ingin merawatnya, dapat menyirami tanaman ini seminggu sekali. Tidak perlu berlebihan, karena Wijaya Kusuma dapat tumbuh tanpa terlalu sering disirami.

Sedum Morganium

Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki kemiripan dengan kaktus. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air namun membutuhkan banyak sinar matahari. Karena memiliki bentuk yang menyerupai Anggur, tanaman ini dikenal dengan nama Kaktus Anggur.

Warna tanaman Sedum Morganum ini terbilang cukup unik, yaitu mempunyai warna yang hijau pucat, dan sangat cocok apabila dipadukan dengan beberapa jenis tanaman gantung yang lainnya.

Bunga Anggrek

Satu lagi tanaman indah yang harus dimiliki di rumah adalah Bunga Anggrek. Anggrek cocok digunakan untuk berbagai tema rumah. Jadi kamu tidak perlu khawatir, saat akan menggunakannya pada rumah bertema modern.

Satu yang menarik, bahwa bunga ini dapat mekar dalam waktu panjang, tanpa membutuhkan banyak perawatan.

Itulah semua jenis tanaman gantung yang terbaik dan sangat cocok untuk ditempatkan baik didalam ataupun disekitar rumah kamu. Selain tampilannya yang cantik. Beberapa tanaman tersebut diatas juga memiliki beberapa kelebihan lainnya.

Diantaranya ada yang bisa menyegarkan dan memberikan kesan sejuk, mengurangi kadar racun di udara dan masih banyak lagi. Beberapa bahkan ada yang menawarkan pengalaman unik dimana hanya mekar di waktu-waktu tertentu seperti contohnya tanaman wijaya kusuma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *