Berbagai Jenis Penyakit pada Kucing dan Penanganannya

Memiliki hewan peliharaan adalah hobi yang tidak bisa dilarang oleh siapa pun. Semua orang berhak memiliki hobi masing-masing sebagai salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang.

Biasanya hewan yang dipelihara sebagai hobi, merupakan hewan peliharaan yang jinak dan penurut. Hewan peliharaan ini biasanya berupa kucing, anjing, burung, dan lain-lain.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, Anda harus memperhatikan kebutuhan dari hewan peliharaan. Kebutuhan ini berupa makanan, tempat tinggal, serta kesehatan dari hewan tersebut.

Bagi yang memelihara kucing, Anda harus tahu beberapa jenis penyakit pada kucing yang sering terjadi.

Macam-macam Jenis Penyakit pada Kucing

Beberapa penyakit bisa menyerang kucing Anda, dan mengakibatkan gangguan yang cukup serius jika tidak ditangani dengan tepat.

Anda harus mengenali gejala yang terjadi pada kucing tersebut, agar dapat menentukan langkah yang harus diambil. Berikut adalah jenis penyakit pada kucing serta cara pengobatannya:

Otitis

Infeksi telinga atau sering disebut otitis, merupakan gangguan pada telinga kucing yang disebabkan oleh bakteri, jamur, kanker, sistem kekebalan tubuh, dan beberapa hal lain. Infeksi ini bisa terjadi pada tiga bagian telinga kucing, yang paling parah jika infeksi ini terdapat telinga bagian dalam.

Infeksi yang terjadi pada bagian dalam telinga kucing akan menghilangkan kemampuan mendengar pada kucing. Untuk cara penanganannya, Anda bisa melakukan pembersihan pada telinga kucing dan memberikan obat tetes telinga.

Ring Warom

Penyakit ini biasanya disebabkan karena tempat tinggal kucing Anda tidak terawat atau menjadi sarang dari bakteri dan kuman. Untuk pencegahan, Anda bisa membersihkan kandang kucing dengan cairan pembersih dan semprot dengan desinfektan untuk hewan.

Selain itu, Anda juga harus merendam kucing pada larutan belerang agar kucing bersih dari bakteri dan kuman. Untuk kucing yang sudah terinfeksi, makan bersihkan kerak pada tubuh kucing menggunakan minyak tawon.

Kulit kering

Kulit kering atau ketombe, selain bisa terjadi pada manusia, juga bisa terjadi pada kulit kucing. Hal ini akan mengakibatkan kulit kucing kering dan terkelupas secara terus-menerus. Hal ini bisanya terjadi karena perawatan yang kurang memadai atau kekurangan gizi.

Cara menanganinya cukup mudah, Anda bisa menggunakan shampoo khusus serta berikan kucing asupan omega-3.

Infeksi jamur yeast

Ini adalah jenis penyakit pada kucing yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kucing. Infeksi jamur pada kucing memang banyak jenisnya, dan rata-rata menyerang pada telinga kucing Anda.

Gejala yang ditimbulkan bisanya berupa kucing selalu menggaruk-garuk telinga dan keluar cairan hitam atau kuning kemerahan dari telinga. Anda bisa mengatasi penyakit ini menggunakan obat anti jamur.

Eosinopilie Granuloma

Penyakit ini adalah reaksi alergi yang mengakibatkan luka pada bagian tubuh kucing Anda. Alergi ini kadang-kadang disebabkan oleh makanan atau kutu, tetapi bisa juga disebabkan oleh adanya bakteri yang menyerang kucing Anda.

Kebanyakan luka ini menyerang wajah, paha, dan kaki bagian bawah, tetapi bisa juga di tempat lain. Pengobatannya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari luka tersebut disebabkan oleh bakteri, kutu, atau makanan.

Lihat juga : Cara Merawat Kucing Agar Selalu Sehat dan Lincah

Demikian beberapa jenis penyakit pada kucing yang sering di alami dan cara penanganan yang harus dilakukan. Sebenarnya masih bisa penyakit yang bisa menyerang kucing Anda, maka dari itu tetap perhatikan kebersihan kandang serta makanan kucing yang diberikan.

Jika kucing Anda mengalami penyakit serius, segera hubungi dokter hewan untuk penanganan yang lebih lanjut.

Lihat juga: Penyebab Diare Pada Kucing Kesayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *