Cara Membuat Jebakan Burung Sederhana dan Efektif

Burung adalah salah satu binatang yang menjadi favorit untuk dipelihara. Hewan yang satu ini memiliki keunikan terutama pada warna bulu ataupun suaranya sehingga banyak orang yang tertarik untuk memelihara.

Bagi kalangan pecinta burung akan selalu mencari cara membuat jebakan burung yang aman dan tidak melukai. Namun, terkadang banyak juga cara yang dipakai kadang malah merusak habitat lain. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan burung liar dan cantik sesuai yang Anda inginkan.

Caranya pun tentu tidak perlu merusak atau merugikan habitat disekitarnya, dan pastinya tidak menyakiti burung yang akan kita tangkap.

Cara Membuat Perangkap Burung Sederhana dan Efektif yang Bisa Anda Lakukan di Pekarangan

Dalam membuat jebakan burung untuk menangkap burung tak sesulit yang Anda pikirkan. Selain itu, Anda tidak perlu memakai alat dan bahan yang ribet karena ada cara saat membuat jebakan dengan menggunakan alat dan bahan yang sangat sederhana dan mudah ditemukan di sekitar Anda. Kamu pun tidak perlu repot mencari keluar rumah atau membeli bahan yan mahal.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara membuat jebakan burung yang bisa Anda coba meskipun Anda pemula karena caranya yang sederhana dan dijamin efektif.

Pada Batang pohon

Cara yang pertama dalam membuat perangkap burung yaitu Anda bisa memanfaatkan batang pohon. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu memilih batang pohon yang lentur di halaman rumah Anda.

Kemudian Anda bisa mengikatnya dengan tali atau senar pancing yang kemudian dibengkokkan. Setelah itu, tali tadi kaitkan dengan umpan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

Pada Tangkringan

Selain batang pohon, Anda juga bisa membuat jebakan burung dengan membuat tangkringan buatan. Cara membuatnya hampir sama saat membuat jebakan pada batang pohon. Namun, Anda harus menambah dan memasang tangkringan tadi di batang pohon.

Menggunakan Jaring

Baca juga : Tips dan Cara Merawat Burung Kacer

Cara yang bisa Anda coba untuk membuat perangkap burung adalah dengan menggunakan jaring. Caranya Anda siapkan dulu lempengan alumunium, paku secukupnya, kawat untuk menali, dan meja kayu.

Setelah itu, pasang pin di tengah yang dibuat dari potongan kawat yang kecil-kecil. Kemudian bengkokkan hingga membentuk seperti kurva.

Lalu, ambil kawat yang kemudian ujungnya dimasukkan lewat lubang pin yang sudah Anda pasang tadi sampai membentuk lingkaran. Lalu buatlah pegas dengan membengkokkan salah satu ujung kawat. Kemudian angkat kawatnya dan pasang kembali untuk menahan jebakan.

Menggunakan Tali / Karet Gelang

Cara membuat jebakan burung yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tali.  Anda bisa menggunakan tali bersimpul dan diikat pada tiang kayu. Caranya tancapkan ujung kayu yang runcing ke tanah.

Lalu potong tongkat dengan ukuran 6 inci untuk dimasukkan ke dalam lubang sebagai pengganjal. Kemudian ikat batu di bagian ujung tali yang telah melalui lubang. Lalu Anda bisa meletakkannya pada tangkringan.

Menggunakan getah

Baca juga : Cara Merawat Murai Batu dan Tips Lengkap

Cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan getah, namun, cara ini bisa dilakukan hanya untuk mencari burung yang kecil ukuran badannya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memasang sangkar burung pada pohon yang rindang, kemudian Anda bisa memberi satu atau dua pasang burung di dalam sangkar.

Lalu oleskan getah pulut pada sangkar. Jangan lupa juga, gunakan mp3 musik kicauan burung agar burung bisa tertarik mendekatinya.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat jebakan burung sederhana dan efektif. Selain tidak menggunakan alat dan bahan yang banyak, caranya pun cukup simple dan tidak ribet. Selain itu, Anda juga tidak membuang budget yang terlalu banyak.

Dengan cara tersebut, Anda tidak akan khawatir akan merusak lingkungan atau habitat lain karena caranya aman dan terhindar dari bahan kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *