7 Tips Cara Memelihara dan Merawat Kucing Kampung

Kucing merupakan salah satu hewan mamalia yang menggemaskan. Selain wajahnya yang lucu hewan ini juga suka bermalas-malasan. Tentu kita sudah sering melihat beberapa kucing liar di sekitar kita kebanyakan orang menyebutnya kucing kampung atau kucing lokal.

Kucing kampung umumnya bersifat liar namun ada juga yang tidak. Banyak juga orang-orang yang mengadopsi kucing kampung karena kucing ini memiliki khas tersendiri dibandingkan kucing ras.

Salah satu alasannya karena biasanya kucing kampung lebih mandiri dan juga memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat. Tentunya lebih memudahkan terutama untuk orang yang tidak terlalu ingin direpotkan dalam perawatan kucing.

Tips Memelihara dan Merawat Kucing Kampung

Merawat kucing tidaklah sulit terutama jika kamu ingin memelihara kucing kampung dirumah. Berikut tips cara memelihara kucing kampung serta bagaimana cara merawatnya.

1. Mandikan Kucing 2 Minggu Sekali

Kucing sebenarnya hewan yang sangat bersih mereka akan rajin membersihkan bulu-bulunya jika memang kotor dengan cara menjilat-njilat tubuhnya. Namun, untuk mengantisipasi agar si kucing tidak terkena kutu atau debu alangkah baiknya kita juga harus memandikan si kucing agar tetap bersih.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Kucing

Kucing kampung memang sangat susah dimandikan apalagi jika terkena air saja mereka sudah berlarian kesana-kemari bahkan juga kadang menycakar.

Namun, kamu tidak perlu panik tips cara memelihara kucing kampung yang satu ini dapat membiasakan si kucing agar lebih bersahabat dengan air dengan cara menggunakan air hangat.

Kamu bisa menyiprat-nyipratkan air tersebut ke badannya sampai dia melunak. Lalu bilas si kucing dengan sabun dan jangan lupa untuk membersihkan giginya serta memotong kukunya. Lakukan secara rutin selama 2 minggu sekali agar kucing terlihat bersih.

2. Menyediakan Makanan Bergizi

Berikan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi seimbang. Kamu bisa menyediakan berbagai makanan seperti daging ayam atau ikan tongkol dan bisa menambahkan sedikit sayuran. Selain itu, hindari penggunaan jenis ikan kering seperti ikan teri, ikan asin atau semacamnya karena ikan-ikan tersebut bisa menyebabkan bulu kucing rontok atau botak.

Lihat juga: Tips Mengatasi Kucing Stress dan Susah Makan

Tentu kamu tidak ingin jika bulu kucingmu mudah rontok. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan makanan dry food atau wet food. Wet food digunakan kucing berusia 1-6 bulan sedangkan dry food digunakan untuk kucing dewasa. Banyak juga sekarang perusahaan yang memproduksi berbagai makanan kucing dengan varian rasa yang berbeda-beda.

3. Berikan Susu Hangat

Kucing sangat menyukai susu hangat. Apalagi jika kucing kampung yang baru kamu adopsi ternyata tidak mempunyai induk atau foster. Kamu bisa berikan susu formula khusus kucing dengan menggunakan botol susu dan jangan biarkan air susu tersebut jatuh ke bulu kucing karena bisa menyebabkan bulu kucing menjadi mengeras.

Oleh karena itu gunakan tisu basah untuk mengelapnya. Untuk jenis kucing kampung dewasa cukup membutuhkan tempat minum biasa dan bisa menggunakan susu formula atau susu biasa. Tips cara memelihara kucing kampung yang satu ini sangat efektif untuk membantu kembang tumbuh si kucing. Berikan susu formula selama 4-5 kali dalam sehari.

4. Memberikan Vitamin atau Suplemen

Tips cara memelihara kucing kampung dengan memberikan vitamin atau suplemen sangatlah perlu untuk menjaga stamina kucing agar tetap sehat. Selain itu vitamin atau suplemen juga berfungsi agar kucing tidak mudah sakit atau terkena infeksi.

Kamu bisa memberikan suplemen kucing sesuai dengan berat badan yang dimilikinya. Cukup berikan 1 softgel sesuai per kg berat badan si kucing. Jangan memberikan suplemen atau vitamin secara berlebihan cukup seperlunya saja minimal berikan 1 hari 1 suplemen. Kamu bisa mendapatkan suplemen tersebut di petshop atau dokter hewan.

5. Sediakan Bak Pasir

Kucing kampung yang baru diadopsi mungkin akan buang air secara sembarangan tapi kamu tidak perlu khawatir sediakan saja bak pasir dan tuntun si kucing agar mengenali bak pasirnya.

Tips cara memelihara kucing kampung sangat penting agar menjaga rumahmu tetap bersih. Dan jangan lupa untuk sering-sering mengganti pasir tersebut karena kucing akan melakukan buang air 3-4 kali.

Tentu membuat kucing merasa tidak nyaman jika bak pasir tak sering dibersihkan. Dan si kucing bisa terjangkit virus atau bakteri. Tentu kamu tidak ingin kucingmmu sakit-sakitan bukan.

6. Berikan Alas Tidur yang Hangat

Lihat juga: Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Kucing

Memberikan alas tidur yang nyaman dan hangat merupakan hal yang sangat penting. Kini alas tidur kucing memiliki beragam bentuk ada yang seperti bantal, rumah dan lain-lain.

Alas tidur si kucing juga tidak harus kamu beli. Namun bukan berarti kamu bisa membiarkan si kucing tidur di lantai. Karena dengan kamu membiarkannya tidur di lantai tentu bisa berdampak buruk bagi si kucing seperti bulu cepat rontok dan mengalami kebotakkan.

Kamu bisa menggunakan kardus atau keranjang bekas lalu tambahkan beberapa kain hangat yang tidak terpakai.

7. Berikan Suntik Vaksin

Mengapa suntik vaksin sangat perlu bagi kucing? Karena kucing merupakan salah satu hewan yang wajib divaksin agar terhindar dari jenis penyakit kucing seperti virus rabies atau semacamnya. Tips cara memelihara kucing kampung dengan vaksin agar mengurangi resiko menularnya penyakit rabies ke pemilik si kucing atau manusia di sekitarnya.

Kucing biasanya akan diberi vaksin ketika berusia 2 bulan. Namun tidak terlambat jika kamu ingin melakukan vaksin sekarang. Dan usahakan si kucing dalam keadaan sehat sebelum divaksin apabila si kucing merasa flu atau stress si kucing dapat mengalami gangguan imun dan bisa berdampak pada kematian.

Kurang lebih itulah beberapa tips cara memelihara kucing kampung serta bagaimana merawat si kucing agar tetap sehat. Nah cukup mudah bukan untuk merawat kucing kampung. Apalagi bagi para pemula tips-tips di atas sangat berguna bagi kamu yang baru pertama kali mengadopsi kucing.

Pastikan kamu merawat si kucing dengan penuh kasih sayang agar kucing merasa bahagia dan tidak stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *