Cara Menanam Bunga Anggrek, Jenis dan Perawatannya

Anggrek menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak dibudidayakan, karena dapat menghasilkan bunga sangat indah ketika tiba waktunya mekar. Budidaya anggrek sejatinya telah dilakukan oleh orang-orang sejak ratusan tahun silam, tidak hanya di tanah Indonesia saja tapi juga tersebar di penjuru dunia.

Langkah budidaya anggrek dimulai dengan proses penanaman. Adapun cara menanam bunga anggrek tidaklah sulit, tapi membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam perawatan.

Cara Menanam Bunga Anggrek Beserta Perawatannya

Tanaman yang mempunyai nama latin Orichidaceae ini dapat dibudidayakan melalui stek batangnya atau secara langsung dari bibitnya. Anggrek hidup paling baik pada kondisi tanah yang memiliki kelembapan cukup dengan ketinggian 0 hingga 5.000 meter di atas permukaan laut.

Beberapa jenis anggrek bisa hidup di dataran rendah, dan ada juga yang hanya bertahan pada ketinggian. Berikut informasi lengkap seputar bunga anggrek, mulai dari jenisnya, cara menanam, serta perawatannya.

Jenis-Jenis Bunga Anggrek

Lihat juga : Jenis-Jenis Tanaman Hias Bunga Tercantik dan Menawan

Sebelum mempelajari bagaimana cara menanam tanaman anggrek sekaligus langkah perawatannya, Anda perlu mengenali terlebih dahulu jenis-jenis anggrek sehingga bisa lebih memahami karakteristikanya.

Jenis anggrek yang dibudidayakan adalah anggrek hias dengan spesies bervariasi. Spesies anggrek berdasarkan habitat alaminya adalah sebagai berikut.

  • Anggrek Vanda tricolor dapat ditemukan di daerah Kaliurang dan Jawa Barat.
  • Anggrek Vadahookeriana yang identik dengan warna ungu berbintik dapat ditemukan di wilayah Sumatera.
  • Anggrek Dendrobium phalaenopsis atau dikenal juga sebagai anggrek ralat dapat dijumpai di daerah Peralihan.
  • Anggrek Phalaenopsis amabilis atau anggrek bulan merupakan salah satu spesies anggrek langka yang dapat dijumpai di Jawa, Sulawesi atau Irian Jaya.
  • Anggrek Paphiopedilun glaucophyllum menjadi salah satu flora endemik yang hanya dapat dijumpai di wilayah Jawa Tengah.

Cara dan Metode Menanam Bunga Anggrek

Cara menanam dan merawat bunga anggrek secara umum terbagi menjadi tiga langkah, yaitu pembibitan, persiapan media tanam, dan pemindahan anggrek ke dalam media tanam.

Sebelum memulai pembibitan, perlu Anda ketahui juga suhu ideal, kelembapan udara yang dibutuhkan, serta berapa intensitas cahaya agar anggrek dapat tumbuh secara optimal.

Pembibitan Bunga Anggrek

Langkah pertama sebelum menanam bunga anggrek adalah mempersiapkan bibit. Pembibitan ini dapat dilakukan secara generatif maupun vegetatif.

Pembibitan anggrek generatif dilakukan dengan menyemai biji hingga berkecambah, kurang lebih membutuhkan waktu selama 3 bulan. Sedangkan pembibitan vegetatif lebih mudah dilakukan yaitu dengan memecah tunas dari induk.

Persiapan Media Tanam

Cara menanam tanaman anggrek selanjutnya yaitu mempersiapkan media tanam yang bisa berupa pot beragam ukuran. Isilah pot dengan tanah bercampur pupuk kandang hasil fermentasi, serabut kelapa, arang hitam, dan pecahan bata merah.

Komposisi bahan tersebut harus seimbang agar kandungan nutrisinya tidak tumpang tindih.

Pemindahan Anggrek ke Media Tanam

Ketika media tanam telah siap, dan usia bibit mencapai 3 bulan, pindahkan bibit ke media tanam. Pastikan saat dipindahkan anggrek telah mempunyai akar lebat agar dapat menyerap unsur hara dalam pot.

Lakukan pemindahan pada pagi hari ketika matahari belum terlalu panas. Jika sudah, posisikan pot yang sudah berisi anggrek dengan cara digantung atau disimpan pada rak khusus bunga.

Perawatan Bunga Anggrek

Setelah Anda memahami cara menanam bunga anggrek, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah langkah perawatannya. Bunga anggrek dapat tumbuh dan berkembang secara optimal jika dibarengi dengan perawatan yang maksimal.

Berikut beberapa tips dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan anggrek sehingga menghasilkan bunga yang cantik.

Penyiraman Rutin

Bunga anggrek paling baik dibudidayakan pada lingkungan yang lembap dan diluar ruangan. Oleh karena itu perlu dilakukan penyiraman secara rutin dengan porsi mencukupi. Ketika penyiraman, jangan sampai anda menyiramkan secara langsung kepada kepala bunga karena dapat menyebabkan kerusakan kuncup yang berdampak pada bunga tidak bisa mekar secara sempurna.

Siramkan air secukupnya pada akar dan daun anggrek 2 kali sehari dengan metode spraying.

Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari dibutuhkan matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Agar bunga anggrek Anda bisa mekar dengan sempurna, pastikan agar selalu mendapat penyinaran matahari yang cukup.

Namun jangan letakkan di bawah sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan tanaman menjadi layu kemudian kering.

Perhatikan Kelembapan dan Suhu Lingkungan

Anggrek merupakan tanaman tropis yang harus butuh kelembapan cukup agar bisa berkembang secara maksimal. Mulai dari cara menanam bunga anggrek hingga perawatan, pastikan Anda selalu memperhatikan kelembapan lingkungan anggrek sehingga tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering.

Selain kelembapan, Anda pun harus memperhatikan suhu ideal yang dibutuhkan anggrek yaitu berkisar antara 14 derajat hingga 36 derajat Celcius.

Metode Pemupukan

Anggrek juga membutuhkan pupuk untuk pertumbuhannya. Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk buatan. Lakukan pemupukan dalam kurun waktu tiga hari sekali dengan perbandingan 30:10:10 jika menggunakan porsi pupuk NPK.

Pilihlah pupuk yang memang dikhususkan untuk tanaman daerah tropis.

Perawatan dari Hama dan Penyakit

Agar bunga anggrek Anda terlindungi dari hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan secara rutin dan teratur. Anda dapat menyemprotkan insektisida dan fungisida guna menjauhkan pertumbuhan jamur dan serangga pengganggu.

Apalagi ketika musim hujan tiba, hama dan penyakit menjadi lebih mudah menyerang sehingga Anda harus menyemprot dengan porsi dan takaran pas agar anggrek terlindungi.

Itulah informasi seputar bunga anggrek, mulai dari jenis-jenisnya, cara menanam bunga anggrek, hingga tips perawatan yang harus dilakukan selama budidaya. Merawat dan memelihara tanaman memang membutuhkan kesabaran, karena tidak bisa dilakukan secara instan.

Namun semua kerja keras Anda akan terbayarkan seketika saat melihat hasilnya berupa bunga anggrek yang mekar dengan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *