Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bonsai (Tips Lengkap)

Bonsai merupakan seni membuat miniatur pohon yang berasal dari Jepang. Tanaman bonsai sendiri sering digunakan sebagai dekorasi rumah karena keindahannya, kehadiran tanaman ini pun dapat menambah kesegaran pada ruangan.

Akan tetapi dibalik tampilannya yang cantik, ternyata pembuatan bonsai tidaklah mudah. Untuk membuat bonsai Anda harus memiliki kesabaran yang tinggi serta mengetahui bagaimana proses yang benar, karena pembuatnya sendiri harus mengerti bagaimana cara membuat, dan cara merawat tanaman bonsai. 

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar, Anda bisa melihatnya dalam informasi berikut ini.

Cara Menanam, Merawat, dan Tips untuk Tanaman Bonsai

1. Menyiapkan Bibit Bonsai

Bibit bonsai dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian khusus tanaman hias atau mencarinya di toko online.  Untuk lebih mudahnya Anda bisa membeli tanaman bonsai yang sudah setengah jadi atau biasa dikenal dengan pre-bonsai.

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai, mulai jenis tanaman rempah sampai bunga-bungaan. Contoh tanaman yang bisa dijadikan bonsai seperti Adenium, Bougenville, Azalea, Asam Jawa, Asam Belanda, dan juga Beringin.

2. Memilih Pot

Pot dapat menambah keindahan bonsai yang Anda tanam, oleh karena itu sebelum memulai penanaman, pilihlah pot yang menurut Anda bagus. Selain memikirkan tampilannya, jangan lupakan fungsi drainase yang dimilikinya.

Baca juga : Jenis Tanaman Pembersih Udara Terbaik

Apabila air dan pupuk berlebih pada bonsai dapat keluar dengan baik saat Anda menyiramnya, maka hal tersebut akan sangat membantu perawatannya.

Kamu juga bisa memilih pot dengan tampilan yang unik dan menarik agar tampilan tanaman bonsai secara keselurahan dapat terlihat cantik dan menarik di mata.

3. Gunakan Tanah yang Ideal

Tanah yang Anda pilih sangat berpengaruh dengan mudah tidaknya cara merawat tanaman bonsai. Maka dari itu dalam menyiapkan tanah pilihlah kriteria yang subur dan ideal bagi tanaman. Tanah yang ideal sendiri punya daya serap air yang bagus serta memiliki kemampuan mengalirkan udara dengan baik.

Apabila Anda kesulitan menemukan kriteria tanah yang ideal, kali ini terdapat tips guna memperbaiki daya serap tanah terhadap air dan udara. Untuk melakukannya Anda hanya perlu memasukkan material komposit seperti batu kecil dan sejenisnya pada bagian dasar pot. Hal tersebut akan membantu pembuangan air dan menambah ventilasi pada bonsai.

4. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Dalam menanam bonsai memang membutuhkan banyak peralatan, karena keindahan bonsai sendiri berasal dari keterampilan tangan pembuatnya. Untuk membentuk pertumbuhan bonsai maka Anda memerlukan kawat aluminium, dan  gunting tanaman.

Kemudian untuk membuang akar yang tidak dibutuhkan serta pokok dan dahan yang terlalu tebal, Anda memerlukan tang untuk membuat styling kawat.

Merawat Tanaman Bonsai

Apabila bonsai sudah tumbuh, Anda harus rajin-rajin untuk merawatnya. Akan tetapi dalam merawatnya pun Anda harus berhati-hati, karena setiap jenis bonsai memiliki perlakuan yang berbeda. Berikut ini terdapat cara merawat tanaman bonsai secara umum yang bisa dilakukan pada berbagai jenis tanaman.

Penyiraman

Penyiraman bonsai dapat Anda lakukan saat pagi dan sore hari. Kemudian jangan lupa untuk memeriksa apakah air yang Anda siram keluar dari lubang pot. Apabila air tidak keluar maka Anda perlu menyelidikinya, bisa jadi terdapat penyumbatan. Jika penyumbatan terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan pembusukan.

Namun, lain hanya bila bonsai Anda sering terpapar sinar matahari dan saat menghadapi musim kemarau, maka jadwal penyiraman harus Anda tingkatkan. Cara merawat tanaman bonsai ini sangat berguna untuk menjaga kelembapannya, Anda bisa meningkatkan penyiraman dari 2x menjadi 3 atau 4x.

Selain menambah penyiramannya, terdapat tips lain untuk menghindarkan bonsai dari kekeringan, yaitu dengan membasahi daun. Akan tetapi perlu diingat, jika daun sudah Anda basahi maka jangan langsung menaruhnya dibawah terik matahari, karena hal tersebut malah membuat permukaan daun terbakar karena pantulan cahaya.

Pemupukan

Tanaman juga memerlukan nutrisi untuk bertahan hidup, menyiraminya dengan air saja tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Karena bonsai memiliki postur tubuh yang berbeda, maka Anda tidak boleh salah dalam merawatnya. Bonsai tidak membutuhkan pupuk yang terlalu subur demi menjaga bentuknya.

Pemberian pupuk dapat Anda lakukan dengan memberi kombinasi bahan organik misalnya pupuk kandang dari kotoran kambing atau ayam. Adapun alternatif lain yang dapat Anda berikan pada bonsai seperti pupuk NPK yang mengandung fosfor, kalium, dan nitrogen yang dibutuhkan oleh bonsai.

Cara merawat tanaman bonsai dapat Anda lakukan minimal satu bulan sekali sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Untuk menjaga keindahan tanaman, Anda juga bisa memberi tambahan nutrisi berupa pupuk daun dalam rentang waktu tiga bulan sekali.

Pemangkasan Bonsai

Pemangkasan juga salah satu cara merawat bonsai yang cukup penting. Tujuannya yaitu untuk membentuk tanaman sesuai keinginan serta menjaga nutrisinya agar tidak menyebar ke bagian yang tidak diperlukan. 

Bagian bonsai yang biasanya dipangkas antara lain daun, ranting, batang, dan juga cabang. Rentang waktu untuk memangkas bonsai bisa Anda lakukan dua atau tiga bulan sekali. Tapi apabila pertumbuhannya cepat, maka Anda cukup memangkasnya sebulan sekali.

Penyiangan Rumput

Rumput liar adalah musuh bagi tanaman manapun. Tumbuhan ini bukan hanya merusak keindahan bonsai, kehadiran rumput juga dapat menyerap nutrisi yang ada di dalam tanah. Oleh karena itu penyiangan rumput sangat penting untuk Anda lakukan sedini mungkin, supaya bonsai tetap sehat dan tumbuh optimal.

Lihat juga: Jenis Tanaman Hias Gantung Terfavorit

Perawatan ini sangat mudah untuk Anda lakukan, Anda hanya perlu mencabuti sendiri rumput tersebut dengan tangan. Terdapat juga cara untuk mencegah supaya tanah dalam pot tidak ditumbuhi oleh rumput, Anda bisa menggunakan mos atau lumut hijau dan menaruhnya pada pot.

Seperti itulah tips dan cara menanam dan merawat tanaman bonsai beserta dengan tips dan cara menanamnya. Meskipun kecil, namun bonsai memiliki penanganan khusus dalam hal perawatan, jadi untuk mendapatkan hasil yang bagus maka semuanya harus dilakukan dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *