Daftar Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Lengkap (Plus Harga)

Ikan air tawar tak kalah enak juga rasanya dengan air laut. Bahkan banyak orang yang lebih menyukai rasa ikan air tawar konsumsi dibandingkan ikan yang berasal dari laut. Ketika sering mengonsumsi air tawar maka akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Sebab air tawar kaya akan manfaat. Untuk harga ikan air tawar pun cukup murah dibandingkan dengan ikan laut.

Nah mau tahu jenis ikan konsumsi air tawar apa saja yang sering dibudidayakan dan memiliki rasa yang enak? Simak terus artikel dibawah ini ya.

Jenis-Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar lengkap

Ada banyak sekali jenis ikan air tawar baik itu yang bisa dikonsumsi dan dibudidayakan maupun ikan yang tidak bisa dimakan. Biasanya karena jenis ikan tersebut termasuk ikan karnivora atau juga jenis ikan yang kurang baik untuk kesehatan ketika disantap.

Berikut ini adalah jenis-jenis ikan air tawar konsumsi dan bisa dibudidayakan sebagai usaha.

Ikan lele atau ikan keli

ikan lele

Ikan lele merupakan ikan yang merakyat. Ketika malam hari bisa banyak ditemukan banyak ikan lele dijual dipinggir jalan. Ikan lele sangat kaya akan vitamin D dan rendah asam lemak omega-3, dan tinggi akan akan asam lemak omega-6.

Ikan yang satu ini juga sangat mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Untuk harga dipasaran, ikan lele dipasar biasanya dijual dengan nilai sekitar Rp. 24.000/kg.

Ikan gurame

ikan gurame

Ikan gurame juga merupakan ikan yang banyak ditemui di warung makanan bahkan restoran mewah. Ikan gurame memiliki daging padat dan gurih.

Lihat juga : 10 Jenis Ikan Terbesar di Dunia (Air Tawar dan Laut)

Untuk olahan spesial gurame biasanya gurame bakar dan gurame asam manis. Untuk harga ikan gurame biasanya dijual sekitar harga dua puluh lima ribuan per kg.

Ikan mas

ikan mas

Ikan mas tidak hanya menjadi budidaya di akuarium, tapi bisa juga untuk dikonsumsi lho. Ikan mas memiliki warna sisi yang cantik sehingga sangat manis apabila dipelihara di akuarium.

Tak heran apabila ikan konsumsi ini lebih banyak di pelihara sebagai ikan hias daripada menjadi ikan konsumsi. Untuk harga ikan mas biasanya dipasaran dijual sekitar Rp. 24.000 – 30.000 per kg.

Ikan keting atau ikan lundu

ikan lundu

Ikan keting ini sebenarnya memiliki banyak nama dari mulai kating, lundu, ririgi, ndaringan, senggiringan, tendon, dan libere.

Ikan ini memiliki kumis panjang dan 3 buah patil atau sengatan, serta memiliki kulit yang licin. Maka harus lebih berhati-hati dengan patil ikan keting ini. Sebab patil dari ikan ini dapat menyebabkan nyeri yang tak terhankan bahkan sampai menyebabkan demam.

Ikan nila merah

ikan nila merah

Ikan nila merah memiliki rasa yang tak kalah lezat tak kalah lezat dengan ikan konsumsi air tawar lainnya. tak hanya itu ikan nila merah juga sangat mudah dibudidayakannya. Untuk harga nila merah cukup murah yaitu sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 20.000 per kg.

Ikan nila hitam

ikan nila hitam

Ikan nila hitam selain memiliki rasa yang sangat lezat juga memilki banyak manfaat. Manfaat ikan konsumsi yang satu ini antara lain:

  • Untuk mengaktifkan hormon serotin
  • Bisa menjadi sumber kalori yang rendah lemak
  • Untuk mengencangkan otot
  • Untuk meningkatkan kecerdasan bagi otak

Ketersedian ikan nila hitam pun sangat melimpah. Maka harganya pun bisa dibilang cukup murah yaitu Rp. 25.000/kg.

Ikan mujair

ikan mujair

Ikan mujair sangatlah dikenal oleh masyarakat. Dagingnya yang lezat ini dapat ditemukan di rawa ataupun sungai. Masyarakat pun banyak yang memelihara sendiri pada kolam atau tambak. Untuk harganya pun relatif murah yaitu Rp. 24.000/kg.

Ikan wader

ikan wader

Ikan wader sangatlah banyak peminatnya terutama di masyarakat Asia Tenggara dan Hindia. Ikan ini bisa ditemukan di rawa atau sungai. Biasanya ikan wader menjadi olahan teman makan atau biasa menjadi cemilan ringan saja. biasanya ikan wader dijuak sekitar Rp. 17.000/kg.

Ikan tombro

ikan tombro

Ikan tombro memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan banyak sekali peminatnya karena dagingnya yang gurih dan enak.

Ikan tombro banyak ditemukan di danau atau sungai. Ikan ini hidupnya bergerombol dan suka pada tempat yang tidak terlalu dangkal serta air yang mengalir.

Ikan bawal

Ikan bawal memiliki rupa yang cukup mirip dengan ikan piranha yang ada disungai amazon. Bisa dibilang keduanya masih dalam satu keluarga. Namun ikan bawal bisa dikonsumsi dengan aman dan memiliki kandungan gizi yang sangat banyak.

Ikan bawal biasanya membentuk kelompok kecil apabila berenang. Biasanya juga sering beriringan dengan udang. Untuk harganya pun sangat murah yaitu Rp. 10.000/kg.

Ikan baung

ikan baung

Ikan baung memiliki daging yang sangat nikmat. Cara mengolahnya pun bisa dengan cara dipesmol atau juga diolah dengan acar kuning sebagai bahan campuran.  Ikan baung bisa juga diolah dengan cara dibakar dengan kecap. Hmm jadi lapar ya sobat hobi. hehe

Ikan baung ini bisa tumbuh sampai dengan bobot 20 kg per ekornya. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menjadikan hewan satu ini sebagai peliharaan karena memiliki bentuk dan tampilan yang cukup unik.

Apalagi jika dibandingkan dengan ikan lele, baung memiliki tampilan yang lebih bersih sehingga cukup cantik ditaruh di aquarium.

Ikan belut

ikan belut, source : idntimes

Ikan belut memiliki kulit yang licin dan bentuknya panjang. Selain itu memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, antara lain:

  • Sebagai penambah stamina
  • Bisa untuk mengobati kanker
  • Bisa untuk mencegah anemia
  • Sebagai sumber protein

Untuk harga ikan belut cukuplah tinggi yaitu di sekitar harga 35000an per kg.

Ikan belida

ikan belida

Ikan belida dikenal dengan ikan berpunggung pisau atau ikan tropis. Ikan belida habitat aslinya berada di sungai Musi, Sumatera Selatan. Tapi sekarang ini ikan tersebut bisa juga ditemukan di daerah Kalimantan, Jawa, dan Semenanjung Malaysia.

Ikan Belida di daerah Palembang biasanya diolah menjadi pempek atau kerupuk. Namun karena ikan belida sudah jarang ditemukan maka banyak orang yang membuat pempek mengantinya dengan ikan tenggiri.

Ikan betutu

ikan betutu

Setelah itu ada ikan yang memiliki tampilan lumayan menyeramkan, kebanyakan orang di Indonesia menamainya dengan sebutan Ikan Betutu.

Ikan betutu ini masih belum begitu dikenal di dunia ikan konsumsi di Indonesia. Namun dibeberapa daerah, ikan ini menjadi salah satu makanan favorit yang menemani santapan bersama nasi dan sambal. Rasa ikan ini sangat gurih dan dagingnya juga empuk serta cukup banyak.

Harganya pun tergolong cukup mahal karena masih sulit didapat dan masih belum banyak yang membudidayakannya. Harga yaitu disekitaran Rp. 150.000 sd Rp. 180.000/kg.

Ikan betok

ikan betok

Ikan betok adalah ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi, namun tidak banyak disukai oleh masyarakat. Padahal ikan betok ini dapat mencegah kepikunan, mencegah ooestoporosi, dan dapat meningkatkan kecerdasan.

Ikan betok pun mudah ditemukan yaitu di daera sungai, parit, dan rawa. Untuk memancingnya pun cukup dengan umpan cacing atau jangkrik.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis ikan konsumsi air tawar yang bisa jadi ide buat kamu yang ingin menjalankan usaha ternak ikan.

Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang ikan-ikan yang dapat dikonsumsi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *