Daftar Lengkap Jenis Ikan Hias Air Tawar Peliharaan (Tips dan Harga)

Memelihara ikan merupakan salah satu hobi yang mendatangkan banyak manfaat. Selain bisa menghasilkan uang yang cukup tinggi apabila ditekuni secara serius, memelihara ikan juga bisa mengurangi stress dan pikiran yang menyebabkan sumpek.

Terdapat beragam jenis ikan yang bisa dipelihara, baik untuk konsumsi maupun hanya sebagai ikan hias saja. Dari sekian banyak ikan tersebut, tidak semua cocok atau bagus untuk dipelihara dirumah. Terlebih lagi jika kamu ingin memelihara banyak ikan sekaligus didalam satu akuarium.

Tentunya kita harus memikirkan banyak hal supaya ikan-ikan kita tidak saling berkelahi satu sama lainnnya.

Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Peliharaan

Berikut merupakan penjelasan mengenai jenis ikan hias air tawar yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai jenis ikan peliharaan baik termasuk ikan jenis predator atau karnivora.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Non-Predator

Ikan Cupang

Sebagai salah satu penghuni air tawar, jenis ikan hias air tawar ini juga menjadi primadona karena warnanya yang beragam dan menarik perhatian. Karena bentuknya yang cantik, banyak yang menjadikanya sebagai ikan hias dalam akuarium.

Ikan cupang juga mudah dipelihara karena memiliki daya tahan yang tinggi. Ia mampu bertahan dengan volume air yang sedikit serta masih bisa bertahan cukup lama ketika persediaan oksigen dalam akuarium mulai menipis. Inilah yang membuat ikan cupang memiliki banyak peminat setia.

Harga Umum : 10 ribu – 100 ribu per ekor

Ikan Congo Tetra

Menjadi salah satu primadona peliharaan dalam akuarium, karena bentuknya yang indah dengan warna-warna yang menarik. Ikan ini lebih suka hidup bergerombol dan mudah beradaptasi dengan ikan lainya. Ia cukup pemalu dan bergerak dalam rombongan ikan, baik ukuran kecil hingga medium.

Ukuranya yang hanya 8 hingga 10 cm, membuatnya termasuk golongan ikan bertubuh mungil. Sebaiknya Anda tidak menggabungkan jenis ikan hias air tawar ini dengan ikan karnivora yang suka memangsa ikan lainnya. sebab, Congo Tetra akan menjadi santapan empuk karena gerak mereka yang tidak terlalu cepat.

Harga Umum : 2 ribu – 10 ribu per ekor

Ikan Blackghost

Merupakan ikan dengan bentuk yang unik, ikan black ghost atau kadang dipanggil juga dengan istilah ikan bulu ayam ini  sering dijuluki ‘penari balet’ karena gerakannya dalam air terlihat lentur dan lincah. Warna tubuhnya hitam gelap dengan sedikit bercak putih pada pangkal ekornya.

Ia termasuk jenis ikan nokturnal dan lebih aktif di malam hari. Panjang tubuhnya sekitar 4 hingga 7 sentimeter dan merupakan jenis yang cukup jinak, sehingga mudah beradaptasi dan bersahabat dengan ikan lainnya.

Harga Umum : 10 – 20 ribu per ekor

Ikan Cardinal Tetra

Jenis ikan hias air tawarselanjutnya adalah Cardinal Tetra. Jenis ikan ini memiliki warna yang mencolok, yakni mayoritas merah terang dan selarik garis biru yang terhampar dari kepala hingga ekor. Tubuhnya cukup mungil, hanya berkisar antara 3-5 sentimeter dan cukup populer di kalangan penikmat ikan hias.

Cardinal Tetra memiliki kemiripan dengan ikan jenis Neon Tetra, padahal jika cukup jeli, Anda bisa melihat perbedaan diantara keduanya. Motif dan larik biru antar kedua ikan tersebut memiliki ukuran dan warna yang sedikit berbeda, walau secara sepintas memang terlihat menyerupai satu sama lain.

Harga Umum : 1000 – 2000 per ekor

Ikan Corydoras

Corydoras merupakan jenis ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Jenis ikan hias air tawar ini senang hidup bergerombol dan memilih berenang di dasar akuarium atau  jika di habitat aslinya, dasar sungai. Ia berkerabat dengan ikan lele dan memiliki patil serta kumis yang mirip satu sama lain.

Apabila sedang terkan ikan ini akan mengeluarkan patilnya dan melukai ikan lain. Jadi, Anda harus menjaga habitatnya dalam keadaan baik. Ukurannya 10 cm dan mampu hidup cukup lama, sekitar 15 tahun sebelum tua dan mati. Ia senang makan sisa pakan dengan mengoreknya di dasar akuarium.

Harga Umum : 5 ribu – 10 ribu

Ikan Discus

Ikan jenis ini sering menjadi koleksi para pecinta ikan hias. Ikan yang lebih menyukai intensitas air yang tenang, dengan arus yang tidak begitu deras ini, memiliki pola warna pada tubuhnya yang cukup menarik dengan perpaduan antara warna putih, kuning, oranye, hingga mendekati warna ungu dan hitam di ujungnya.

Ia lebih suka bersembunyi dalam ranting maupun tanaman hias di dalam kolam untuk menghindari pemangsa. Anda harus melakukan perawatan yang ekstra terhadap ikan ini, karena ia terkenal sebagai ikan yang susah dirawat.

Harga Umum : 40 ribu – 200 ribu per ekor

Ikan Flying Fox

Apabila Anda ingin mengoleksi jenis ikan dengan pola yang unik, jenis ikan hias air tawar flying fox bisa menjadi pilihan. Pasalnya ia mudah ditemukan di perairan Indonesia dan sekitar Asia Tenggara. Ikan Flying Fox menyukai arus yang deras dan lebih senang hidup dalam akuarium yang berbatu dan berpasir.

Diameter maksimal ikan ini hanya sekitar 11 hingga 12 cm, dengan ukuran betina lebih besar daripada yang jantan. Makanan utamanya adalah alga hijau, sehingga bisa mengurangi pertumbuhan alga jenis ini di akuarium milik Anda.

Harga Umum : 5 ribu – 10 ribu per ekor

Jenis Ikan Hias Air Tawar Predator Peliharaan

Ikan Arwana

Lihat Juga : Tips dan Cara Merawat Ikan Arwana

Terdapat mitos bahwa memelihara ikan arwana bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Ketika berenang ikan arwana dengan sisiknya yang cantik akan nampak elegan. Arwana merupakan jenis ikan peliharaan paling populer di Indonesia. Anda bisa menemukan bibitannya di berbagai toko yang menjual ikan hias.

Ikan jenis ini sangat sering dijadikan sebagai ikan hias peliharaan. Salah satu daya tarik dari ikan ini adalah warna sisiknya yang menarik. Selain itu, ikan arwana juga bernilai tinggi, karena harga beli maupun jualnya memiliki nominal yang cukup fantastis.

Harga Umum : 100 ribu (anakan) sampai 10 juta per ekor

Ikan Alligator Gar dan Family

Alligator gar – Atractosteus spatula

Buat kamu penyuka ikan hias predator tentunya juga tahu mengenai ikan diatas. Ikan ini memiliki ciri khas yaitu paruhnya yang seperti buaya dengan gigi-gigi yang tajam. Nampak sangat seram sekaligus menarik untuk dilihat.

Ikan ini bisa tumbuh besar hingga sepanjang 2 meter, tergantung lingkungan dan kondisi tempat ia tinggal.

Harga Umum : 10 ribu (anakan) sampai 200 ribu per ekor

Ikan Louhan

ikan louhan

Sekali lihat pun kita setuju kalau ciri khas ikan ini adalah jendolan di kepalanya yang sangat besar. Selain itu Louhan juga memiliki corak yang sangat cantik dibadannya.

Jenis hewan yang satu ini sangat banyak peminatnya, bahkan beberapa jenis ada yang dihargai sangat mahal, tergantung dari warna, corak, dan ukuran benjolan di kepala. Sangat cocok untuk kamu yang hobi sekaligus ingin berinvestasi atau untuk usaha ikan hias.

Harga Umum : 100 ribu – 10 juta per ekor

Arapaima Gigas

Banyak juga pecinta ikan terutama jenis predator yang memelihara Arapaima Gigas. Selain bentuknya yang unik, ukuran Arapaima Gigas sangat besar untuk ukuran ikan air tawar. Bahkan di sungai ikan ini bisa tumbuh hingga lebih dari 2 meter.

Walaupun sangat menarik untuk dipelihara, kamu juga harus siap dengan beberapa hal ketika mau memelihara Arapaima. Karena nafsu makannya cukup besar dan juga jangan ditaruh dikolam dengan ikan non-predator karena bisa habis dimakan sama hewan satu ini.

Harga Umum : diatas 1 jutaan

Red tail Cat Fish

Salah satu dari jenis Cat Fish yang banyak diminati oleh pecinta ikan predator atau ikan karnivora. Berbeda dengan cat fish pada umumnya, jenis ini mempunyai bentuk dan warna yang indah dan menarik.

Harga Umum : 50 ribu – 2 jutaan per ekor

Belida

Ikan yang satu ini selain sebagai bahan makanan, juga banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias di aquarium. Terutama untuk jenis belida albino yang memang memiliki tampilan yang sangat menarik dan unik.

Harga Umum : 20 ribu (anakan) sampai 200 ribu per ekor

ikan belida albino

Cara pemeliharaannya juga tidak sulit karena Belida cukup memiliki daya tahan yang kuat bahkan dengan kondisi air yang keruh sekalipun. Hewan ini biasanya hidup di sungai-sungai kalimantan dan sangat sering digunakan sebagai bahan makanan kerupuk ataupun juga pempek.

Snake Head

source : britanica

Snake head atau ikan ular tergolong ganas dan sangat rakus. Oleh karenanya buat anda yang ingin memelihara hewan satu ini harus siap dengan segala resikonya. Ada cukup banyak jenis dengan variasi warna yang unik dari Snake head.

Harga Umum : 10 ribu – 500 ribu per ekor

Lihat Juga : Cara Memelihara Ikan Karnivora, Perawatan dan Tips

Itulah berbagai jenis ikan hias air tawar primadona para pecinta ikan hias. Ikan-ikan tersebut cocok dipelihara di dalam akuarium karena memiliki bentuk, pola dan warna yang menarik. Beberapa mungkin butuh perawatan ekstra, tapi yang lainnya bisa bertahan hidup bahkan dengan lingkungan yang cukup ekstrim.

Mengenai Larangan Impor Ikan Predator di Indonesia

Saat ini ada beberapa jenis ikan yang dilarang peredarannya oleh pemerintah terutama apabila ditempatkan di lokasi seperti sungai, danau dan waduk. Hal tersebut karena dapat mengganggu ekosistem dan merusak rantai makanan di tempat-tempat tersebut.

Larangan tersebut terdapat dalam aturan pemerintah dalam peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan no 41 tahun 2014. Untuk jenis-jenis ikan predator yang tidak boleh atau saat ini sedang dibatasi impornya bisa kamu lihat di bawah ini (bagian lampiran)

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar (Predator / Non-predator)

Memelihara ikan hias air tawar tergantung dari jenis ikan yang kita pelihara, ada yang mudah namun ada juga yang membutuhkan perawatan lebih. Ada beberapa tips atau hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjaga agar ikan air tawar tetap sehat dan tidak mudah sakit bahkan mati.

Kondisikan Akuarium Sesuai dengan Habitat Asli

Sebisa mungkin buat kondisi didalam akuarium semirip mungkin dengan habitat asli dari ikan yang kita pelihara. Kamu bisa menambahkan bebatuan atau bahkan tanaman hidup agar mereka merasa dialam liar.

Tentunya hal tersebut dapat mengurangi stres dan membuat ikan-ikan menjadi lebih sehat. Bisa juga menambahkan tempat untuk bersembunyi terutama untuk jenis yang memang pemalu dan suka menyendiri seperti ikan black ghost.

Rutin Memberi Makan (Terjadwal)

Alangkah baiknya jika kita secara rutin memberi makan hewan peliharaan kita dengan jumlah dan waktu yang teratur. Hal tersebut supaya ikan-ikan terus mendapatkan nutrisi yang cukup sambil menjaga agar kondisi akuarium tidak cepat kotor.

Berilah makan seperti pelet atau cacing secukupnya. Kira-kira setiap ikan mendapat 3-5 pelet agar tidak ada sisa makanan yang membuat kolam atau akuarium menjadi kotor.

Sesuaikan Ukuran Akuarium dengan Ikan

Apalabila anda memelihara ikan dengan ukuran besar, pastikan ukuran akuariumnya sekitar 3 kali ukuran ikan tersebut. Hal tersebut agar ia dapat bergerak bebas dan tidak mudah stres.

Rutin Membersihkan Akuarium

Pastinya kita harus rajin dalam membersihkan akuarium agar ikan-ikan ataupun hewan peliharaan lainnya yang berada di akuarium bisa hidup sehat dan aktif selalu.

Cermat Dalam Mencampur Ikan

Kita tentunya senang apabila akuarium kita terisi berbagai macam ikan dengan jenis dan warna yang bervariasi. Tetapi, anda harus cermat dalam mencampur ikan yang berbeda jenis, karena beberapa ikan tidak bisa dicampur dengan jenis lainnya.

Jangan lupa untuk memberinya pakan setiap hari dan membersihkan akuarium Anda secara rutin untuk menjaga kesehatan ikan-ikan Anda ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *