Daftar Lengkap Jenis Tanaman Air Terbaik (Akuarium & Kolam)

Apakah Kamu termasuk salah satu pecinta tanaman dan juga ikan? Jika iya, maka Kamu perlu tahu beragam jenis tanaman air yang cantik-cantik dan cocok untuk dijadikan hiasan di dalam kolam atau akuarium. Selain membuat tampilan akuarium atau kolam menjadi lebih menarik, juga membuat lingkungan nya menjadi lebih sehat dan segar.

Seperti namanya, tanaman air ini bisa hidup hanya jika berada di air. Dan dari berbagai jenis tanaman, tanaman air juga memiliki beragam jenis dan bentuk. Ada yang membutuhkan tumbuh dari dasar, ada juga yang mengambang diatas air.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang jenis tanaman atau tumbuhan air yang cantik dan bagus untuk akuarium, simak penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Tanaman Air yang Cantik dan terbaik untuk Akuarium dan Kolam

Ada beragam jenis tanaman air yang perlu Kamu ketahui. Jika Kamu memiliki akuarium di rumah, maka Kamu bisa menjadikannya pilihan untuk mempercantik akuarium tersebut.

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman cantik yang bisa jadi pilihan untuk membuat aquascape Kamu nampak lebih bagus:

Marimo Ball

Tanaman air satu ini cukup istimewa, sebab bentuknya unik dan lain daripada yang lain. Tanaman berbentuk menyerupai bola-bola kecil berwarna hijau ini banyak ditemukan di sungai Jepang dan Eropa.

Di Timur, ternyata tanaman ini juga dianggap sebagai simbol keberuntungan. Marimo Ball bisa hidup di air dengan suhu 25 derajat. Dan untuk tetap tumbuh, tanaman ini membutuhkan air yang bersih dan terfilter.

Jika Kamu bisa merawatnya dengan baik, maka marimo ball bisa bertahan bertahun-tahun  lamanya. Tanaman ini juga sangat kuat, sehingga dapat menahan serangan dan gigitan ikan jika dijadikan hiasan di akuarium.

Anubia Nana

Jenis tanaman air satu ini merupakan tanaman yang menempel pada kayu apung ataupun bebatuan. Tanaman berwana hijau dengan daun cukup gelap ini bisa hidup sepenuhnya di dalam air, asalkan rimpangnya berada atau melekat pada kayu ataupun batu-batuan.

Suhu yang dibutuhkan Anubia untuk tetap hidup berada pada kisaran antara 22-28 derajat celcius. Apabila tanaman ini sudah terlihat rusak atau mati, Kamu harus segera mengangkatnya, sebab di dalam air tanaman ini akan lebih cepat busuk.

Cabomba Caroliniana

Tanaman air satu ini berasal dari Amerika Serikat. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman air untuk aquascape air tawar yang juga tak kalah cepat tumbuh. Kamu bisa menggunakan suhu sekitar 15-26 derajat celcius.

Untuk bisa hidup, tanaman Cabomba yang berwarna hijau muda ini hanya membutuhkan sedikit karbon dioksida dan juga cahaya, sehingga cocok untuk dimasukkan ke dalam akuarium.

Daun Sempit

Daun sempit juga dikenal dengan nama pygmy chain sword. Tanaman ini biasanya akan diletakkan di bagian depan akuarium. Daun sempit ini akan tumbuh dan menyebar dengan cukup cepat, sehingga dapat membentuk semacam karpet hijau yang bagus.

Kamu bisa menanam Daun Sempit pada akuarium dengan suhu 18 hingga 26 derajat celcius. Pada bagian bawah nantinya akan tumbuh stolon dengan sehat. Dan ketika masih berusia muda, Kamu dapat membagikan akar Daun Sempit dan memisahkannya supaya daun cepat tumbuh.

Vallisneria Spiralis

Jenis tanaman air selanjutnya adalah Vallisneria Spiralis, tanaman yang cocok untuk dimasukkan ke dalam akuarium kecil. Dan tanaman ini juga cukup mudah untuk tumbuh dan diperbanyak melalui akuarium, yaitu dengan stolon. Namun agar dapat tumbuh, akar dari Vallisneria ini harus benar-benar menancap pada substrat Kamu.

Ketika Kamu hendak menanamnya, alangkah lebih baik jika tidak terlalu dalam, karena apabila bagian yang ringan pada daun sampai terkubur, Vallisneria ini bisa cepat mati. Tanaman ini akan terlihat bagus saat sudah tinggi, apalagi saat ada gerakan air, daunnya seperti melambai-lambai mengikuti gerakan air.

Hornwort

Hornwort menjadi salah satu jenis tanaman air dengan daun kecil hijau yang paling mudah tumbuh. Tanaman air ini sangat kuat dan di alam liar biasanya honwort juga mendominasi, terutama bagi kalangan vegetasi sungai.

Saking banyaknya, di Selandia Baru tanaman hornwort justru menjadi masalah. Karena memang honwort dapat tumbuh dengan mudah dan cepat.

Beberapa jenis ikan bisa memakan tanaman ini, dan tanaman ini juga bisa menggugurkan daun-daunnya. Sehingga honwort cukup cocok ditaruh di dalam akuarium. Namun jika guguran daunnya terlalu banyak dan tidak segera dimakan oleh ikan, Kamu bisa membuangnya dari akuarium.

Hemianthus Callitrichoides

Tanaman ini juga tak kalah unik dari yang lain, sebab Hemiathus memiliki daun yang sangat kecil-kecil. Para penggiat aquaspace menjadikan tanaman ini sebagai favoritnya. Dan tanaman yang lebat dan banyak ini biasanya cocok diletakkan di bagian dasar akuarium.

Selain karena keunikannya, tanaman ini juga menjadi favorit karena dapat dengan mudah dirawat. Kamu bisa mengatur suhu akuarium supaya tetap dalam suhu 22-23 derajat celcius. Untuk arah pertumbuhannya sendiri, tanaman ini mengikuti arah datangnya cahaya, sehingga pengaturan cahaya Kamu perlu diperhatikan.

Hemiathus Callitrichoides ini juga dikenal dengan sebutan Dwarf Baby tears.

Echinodorus X Subulatus Lucanas

Jenis tumbuhan air satu ini lebih cocok untuk Kamu masukkan ke dalam akuarium yang besar. Karena bentuk daunnya yang lonjong akan tumbuh memanjang, sehingga membutuhkan ruang yang cukup luas.

Echinodorus ini dapat tumbuh ketika dimasukkan ke dalam berbagai jenis air, serta tidak bergantung pada arah cahaya. Hal ini menjadikan siapapun termasuk Kamu akan lebih mudah untuk merawatnya.

Amazon Sword

Tanaman air yang satu ini menjadi salah satu tanaman air yang paling banyak dijual untuk akuarium. Seperti namanya, Amazon Sword, tanaman ini memang berasal dari Sungai Amazon. Bentuk daunnya hampir mirip dengan bentuk pisau, memanjang dan berwarna hijau.

Tanaman ini bisa tumbuh setinggi 40-45 cm. Jika suhu dan kualitas airnya selalu Kamu perhatikan, tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Tanaman ini memiliki akar yang bisa menembus jauh ke substrat, sehingga jika Kamu menggunakan filter undergravel pada akuarium, maka bisa menimbulkan masalah.

Harga dari Amazon sword ini pun cukup murah, Kamu bisa mencarinya di toko-toko akuarium ataupun juga di toko tanaman hias.

Java Moss

Baca juga : 10 Jenis Tanaman Hias Daun Terbaik

Java Moss juga merupakan jenis tumbuhan air yang hidupnya menempel pada kayu atau batu. Tanaman ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara, tepatnya di Indonesia. Selain itu juga ada di Jepang, Filliphina, Singapura, ataupun Malaysia.

Java Moss memiliki daun yang berbentuk oval memanjang, warnanya hijau seperti jenis lumut Jawa. Jika di dalam akuarium, tanaman ini cocok dengan suhu antara 21-24 derajat celcius. Dengan adanya java moss ini, akuarium Kamu akan nampak lebih indah dan hidup.

Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk burayak yang baru saja menetas, untuk udang, dan juga untuk ikan-ikan kecil tinggal.

Nah, itulah tadi beberapa jenis dari tanaman-tanaman air yang bisa Kamu jadi pilihan ketika Kamu hendak membuat aquascape baru. Atau jika Kamu bosan dengan jenis tanaman yang ada di akuarium, dan ingin menggantinya, berbagai pilihan di atas bisa menjadi solusinya.

Yang pasti, Kamu harus memperhatikan bagaimana tanaman itu dapat tumbuh dan bertahan di dalam akuarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *