10 Jenis Tanaman Hias Daun Terbaik Buat Rumah 2021

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita pilih untuk menghias pekarangan rumah kita. Tanaman hias sendiri bisa kita bagi menjadi beberapa jenis, diantaranya ada tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias gantung dan masih banyak lagi.

Tanaman hias daun mengandalkan bentuk daun nya yang indah dan menarik sebagai daya tarik utama. Tumbuhan jenis tersebut juga biasanya memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan tanaman lainnya. Contohnya tanaman Pucuk Merah atau Kuping Gajah.

Tanaman Hias Pucuk Merah

Tidak hanya sebagai keindahan yang sedap dipandang, memiliki tanaman hias daun terbaik di pekarangan rumah bisa membuat lingkungan sekitar terlihat ASRI dan sejuk. Identik dari tanaman ini adalah bagian daun yang memiliki warna yang dominan indah.

Peminat tanaman ini sudah semakin meningkat, tidak heran jika terdapat beberapa jenis tanaman yang mempunyai harga tinggi. Itu sebabnya banyak petani yang mulai membudidayakan tanaman hias sebagai wirausaha.

Jenis Tanaman Hias Daun Terbaik dan Populer di Indonesia

Tujuan awal seseorang mengapa menginginkan tanaman ini adalah ingin adanya penghijauan lingkungan atau sebagai aksesoris tambahan untuk menambah keindahan taman. Semakin unik jenis tanaman yang tumbuh semakin tinggi pula harganya, berikut ini adalah beberapa contoh jenis tanaman hias daun yang populer di Indonesia.

Kuping Gajah

Kuping Gajah

Yang cukup unik dari tanaman satu ini adalah jenis daun yang menyerupai telinga gajah sehingga banyak orang menyebutnya sebagai tanaman kuping gajah. Terdapat 2 warna pada daunnya yaitu hijau tua diselingi dengan garis-garis hijau berwarna putih.

Merawat tanaman ini tidaklah terlalu sulit, terutama buat kamu yang masih pemula, karena kamu hanya perlu  menempatkannya di luar ruangan dengan sedikit pancaran sinar matahari.

Tanaman Suplir

Ciri khas utama dari tanaman ini juga terletak pada daunnya, karena ukurannya yang kecil dan berjumlah sangat banyak. Perlu adanya perawatan yang serius jika ingin menanamnya karena tanaman ini membutuhkan kondisi lingkungan yang lembab di sertai udara yang bersih.

Tanaman Aglaonema

Tanaman ini mempunyai daun berbentuk lonjong yang berbintik-bintik merah, sedangkan garis tepinya berwarna putih. Sering kali orang menyebutnya sebagai tanaman sri rejeki karena diyakini bisa menambah rezeki bagi seseorang yang  menanamnya.

Daun Keladi

Mulai dari tangkainya saja jenis tanaman hias daun satu ini sudah unik yaitu berwarna merah sedikit gelap, sedangkan daunnya berwarna merah cerah bermotif seperti serangga kupu-kupu yang cantik.

Untuk perawatan tanaman daun keladi, kamu hanya perlu menjaga tingkat kelembaban kondisi lingkungan jika ingin menanamnya, karena tanaman ini mudah sekali untuk berkembang.

Paku Tanduk

tanaman paku tanduk

Tidak hanya satu jenis saja yang terdapat pada tanaman paku tanduk melainkan ada 18 jenis tanaman yang sama. Akan tetapi semua mempunyai pertumbuhan yang sama, yaitu akar yang melekat pada batang pohon.

Dieffenbachia

source : detik.com

Apabila kamu ingin menjadi wirausaha tanaman hias, mungkin ini adalah jenis tanaman yang cocok untuk kamu budidayakan. Manfaat adanya tanaman ini bisa membantu menyerap racun pada udara, sehingga bisa membantu mengurangi gas racun di lingkungan rumah.

Akan tetapi, kamu harus hati-hati untuk tidak menggigit atau memakan tanaman yang satu ini, terutama dibagian batangnya. Hal tersebut karena bagian batang tanaman ini mengandung zat yang berpotensi menjadi racun untuk tubuh.

Sebaiknya taruh tanaman ini didalam pot besar atau digantung untuk menghindari anak kita tidak sengaja memakan tanaman tersebut.

Bunga Saka

tanaman saka

Jenis daun yang sangat lebat dan hampir mirip dengan jarum adalah tipikal dari tanaman yang satu ini. Bunga saka bisa kamu jadikan tanaman hias di dalam ruangan, asalkan menaruhnya sedikit terkena sinar matahari.

Kaktus

tanaman daun kaktus

Ukurannya yang mungil membuat seseorang tertarik untuk memilikinya. Tanaman ini bisa bertahan lama tanpa harus kamu siram setiap hari, karena kaktus sudah mempunyai akar yang cukup panjang sebagai alat untuk menyerap air.

Terdapat banyak sekali jenis kaktus yang bisa dipilih sebagai penghias rumah kita. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ada yang mencapai jutaan rupiah per tanaman.

Pohon Cemara

tanaman pohon cemara

Jika tanaman satu ini lebih baik untuk di letakkan di luar ruangan, karena membutuhkan udara yang panas layaknya pohon yang lain. Beberapa jenis cemara yang bisa kita pilih di antaranya adalah cemara natal, cemara udang, dan cemara inoki.

Gelombang Cinta

tanaman anthurium

Tanaman ini pernah memiliki harga yang sangat mahal, namun saat ini sudah mengalami penurunan. Jenis tumbuhan ini cocok dijadikan sebagai penghias ruangan karena daunnya yang bergelombang memanjang.

Masih banyak jenis tanaman hias daun yang lain, akan tetapi contoh di atas adalah yang populer di Indonesia. Kamu semua bisa memilihnya beberapa jenis untuk dijadikan tanaman hias dalam rumah. Namun ketika menanamnya juga perlu di rawat dengan baik agar mampu tumbuh dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *