11 Jenis Tanaman Hias Obat Terbaik dan Khasiatnya

Seperti yang kamu tahu bahwa Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki unsur tanah yang subur. Tak mengherankan bahwa beragam jenis tanaman mudah tumbuh termasuk tanaman hias obat.

Tanaman obat merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan diantaranya ada juga tanaman yang memiliki tampilan yang cantik dan bisa digunakan sebagai tanaman hias.

Kamu juga dapat memanfaatkan jenis tanaman tersebut sebagai hiasan ruangan maupun halaman rumah sembari memanfaatkannya bila perlu.

Inilah 11 Jenis Tanaman Hias Obat yang Perlu Kamu Ketahui

Beragam jenis obat medis memang sudah tersedia tapi jika ingin memanfaatkan ramuan herbal pun tak masalah. Apalagi tanpa efek samping yang berbahaya.

Berikut ini 11 jenis tanaman obat yang juga bermanfaat sebagai tanaman hias didalam ruangan ataupun di pekarangan rumah.

1. Daun Miana Merah

Tanaman miana merah tentu tak asing terdengar di telinga kamu. Barangkali kamu tahu jenis tanaman ini tapi berbeda nama. Nah selain berbentuk indah dengan pola warna daun merah dengan tepian berwarna hijau, tanaman hias ini dapat dimanfaatkan sebagai olahan obat herbal.

Kalian dapat membuat minuman berbahan dasar daun miana merah untuk mengusir segala jenis penyakit seperti wasir dan tekanan darah tinggi. Penggunaan yang teratur akan membuat kadar gula darah perlahan turun.

Bagian daun miana merah juga ampuh untuk obat bisul dengan memberikan kompresan daun tersebut hingga sembuh.

2. Daun Patah Tulang

Bentuk tanaman yang satu ini terbilang unik karena tanpa daun. Tak ayal banyak yang memilikinya sebagai tanaman hias obat. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat dengan syarat kamu tahu betul pengolahannya.

Bagian ranting tanpa daunnya dapat diolah untuk mengatasi beragam penyakit berbahaya mulai dari sakit gigi, tulang patah, wasir, penyakit kulit dan masih banyak lagi.

Namun getah tanaman ini tergolong mengandung racun sehingga kamu harus paham betul cara pengolahannya. Kalau bisa tanyakan secara detail dengan ahlinya ataupun mengikuti prosedur dokter sebelum menggunakannya.

3. Bunga Melati

Tanaman bunga melati tentu kamu semua tahu. Bunga melati tergolong populer mengingat sudah banyak yang memanfaatkannya. Aroma bunganya yang segar juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias obat.

Beragam penyakit seperti demam, asma maupun sariawan dapat di atasi olehnya. Pemanfaatan dapat dilakukan dengan cara membuat teh bunga melati.

Kamu dapat pula menambah gula maupun madu agar rasa lebih manis dan nikmat. Nikmati olahan teh bunga melati secara rutin agar khasiat yang diperoleh menjadi efektif.

4. Adam Hawa

Adam hawa memiliki bentuk dan corak warna yang memukau. Perpaduan warna hijau putih ungu membuatnya terlihat indah untuk menghiasi halaman. Di balik itu semua ternyata tumbuhan adam hawa tergolong tanaman hias obat.

Hal itu didukung dengan adanya kandungan zat seperti Carboxyrnethykellulose, zat-AAF, aqueous crude extract serta senyawa lainnya. Zat demikian ampuh dalam obat herbal menyembuhkan penyakit seperti rematik, bronkitis, bengkak, anemia dan batuk darah.

5. Bunga Desember

Keindahan bunga Desember tak perlu di pertanyakan lagi terutama saat musim berbunga. Banyak taman memilih menanamnya sebagai hiasan tempat sehingga terlihat lebih ciamik. Penamaan bunga tersebut bukan tanpa alasan mengingat pemekaran bunga terjadi saat bulan Desember.

Tidak Cuma tampak keren, kamu juga dapat memanfaatkan bunga ini sebagai tanaman hias obat. Ramuan berbahan bunga dengan warna merah merekah tersebut ampuh sebagai obat luka bakar. Hal demikian didukung dengan adanya kandungan zat seperti polifenol, flavonoida, dan saponin.

6. Bunga Kancing

Tanaman bunga kancing memiliki bentuk yang sangat imut. Sebab bunganya berbentuk bulat kecil dan memiliki warna ungu cerah. Tak ayal kebanyakan orang menanamnya sebagai tanaman hias indah.

Selain digunakan sebagai tanaman hias, kalian juga dapat membuat olahan sehat berbahan tanaman bunga kancing untuk menangkal beragam penyakit berbahaya. Kandungan zat pada bunga kancing sepeti saponin, polifenol, glutamat, amaratin dan gomresin begitu efektif sebagai obat mulai dari penyakit sesak nafas, luka, diuretik, dan obat batuk.

Beberapa orang juga memanfaatkannya sebagai salah satu jamu untuk penambah nafsu makan.

7. Lidah Buaya

Tanaman hias obat selanjutnya bisa dibilang merupakan tumbuhan sejuta manfaat. Daging daun lidah buaya atau aloe vera memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tak ayal sudah tersedia beragam produk kecantikan yang terbuat dari tanaman berwarna hijau ini.

Kita juga dapat memanfaatkannya secara tradisional untuk mengatasi beragam permasalahan mulai dari diabetes, sakit jantung, sembelit dan radang tenggorokan. Bila untuk kecantikan dapat memanfaatkan daging daun sebagai masker wajah.

Jika pemakaian teratur maka wajah akan tampak lebih bersih. Selain itu, sampo berbahan dasar aloe vera juga bagus untuk kesehatan rambut kamu.

8. Bunga Lilin

Selama ini mungkin kamu hanya tahu kalau bunga lilin begitu indah untuk hiasan. Sebab di beberapa taman pasti terdapat jenis bunga satu ini. Warna bunga sangat cantik dengan dominan kuning tersusun rapi.

Di balik keindahannya, kamu dapat memanfaatkan bunga ini sebagai tanaman hias obat ampuh. Hal itu bukan tanpa alasan mengingat kandungan zat terhadap bunga yang dijuluki Golden shrimp plant ini begitu lengkap dan penting untuk tubuh. Sebut saja saponin, polifenol dan alkaloid yang apabila diolah dengan benar dapat ampuh mengatasi beberapa permasalahan kesehatan seperti obat cacing maupun diare.

9. Cocor bebek

Lihat juga: Jenis Tanaman Air Terbaik untuk Akuarium

Cocor bebek merupakan jenis tumbuhan yang mudah tumbuh di beberapa tempat. Daunnya yang lebar dan tebal membuat tanaman ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Namun tahukah kamu bahwa jenis tanaman ini mampu digunakan untuk tanaman hias obat beragam penyakit.

Bahkan jika diolah dengan benar dapat mengobati penyakit seperti demam, sakit kepala, batuk, bisul, luka dan lain-lain. Dengan demikian kamu dapat mulai memanfaatkannya.

Lagi pula kandungan jenis tanaman obat tersebut terbilang lengkap seperti zat asam lemon, tanin, saponin, zat asam apel dan flavonoida. Kamu dapat menanamnya di halaman rumah dengan cara menaruh daunnya di permukaan tanah.

10. Bunga Lavender

tanaman hias obat terbaik

Tanaman hias berikutnya ialah bunga lavender. Bunga dengan warna ungu ini memang telah lama dikenal sebagai obat herbal ampuh.  Beragam penyakit dapat di atasi dengan olahan berbahan bunga lavender seperti darah rendah dan sakit kepala.

Lihat juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Lavender

Selain itu bunga jenis ini juga terlihat indah saat sedang mekar. Kamu dapat menanamnya di halaman rumah untuk hiasan. Lebih jauh, bahkan wangi aroma lavender begitu menenangkan serta memberikan kenyamanan terhindar dari gangguan tidur. Sebab nyamuk pun begitu benci dengan aroma wangi bunga lavender.

11. Temulawak

Jenis tanaman obat yang juga bisa digunakan sebagai penghias rumah adalah tanaman temulawak. Bagian akar dari temulawak biasanya digunakan sebagai obat atau sebagai suplemen kesehatan.

Tanamannya sendiri cukup cantik terutama jika kita tanam di pekarangan sekitar rumah. Warnanya yang hijau membuat taman atau pekarangan rumah kita terlihat lebih asri dan indah.

Temulawak memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya:

  • obat penyakit kuning
  • anti inflamasi/radang
  • mengatasi masalah perut seperi diare, maag dll
  • mengatasi pegal linu

Itu dia 11 jenis tanaman hias obat terbaik yang perlu Anda ketahui. Memiliki tanaman indah tentu menambah kesejukan dan keindahan rumah. Apalagi bila tanaman yang ditanam bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat herbal tentu menjadi semakin menguntungkan.

Kamu dapat memetik sewaktu-waktu tanpa harus bergantung dengan obat medis dengan efek samping. Meski begitu cara pengolahan dan dosis tetap harus diperhatikan agar manfaat yang didapatkan menjadi efektif.

Pahami betul setiap prosedur dengan baik serta jangan berlebihan meminumnya. Apabila manfaat yang terasa tak kunjung membaik maka lebih baik konsultasikan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *