Jenis Tanaman Indoor Terbaik 2021 dan Perawatannya

Tidak hanya bagian luar rumah, bagian dalam rumah pun memerlukan perhatian khusus. Salah satu cara untuk membuat hunian rumah kita menjadi lebih nyaman, indah dan asri adalah dengan memasukkan beberapa jenis tanaman indoor terbaik dan tercantik untuk rumah kita.

Selain memberikan kesan nyaman, dengan ada tanaman indoor didalam ruangan akan membuat rumah memiliki aksen natural. Terlebih, jika tanaman hias yang dipilih, memberikan dampak bagi kesehatan.

Ada pula manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan menaruh tanaman jenis tersebut. Diantaranya bisa menambah kesejukan ruangan, dan bahkan ada beberapa jenis tanaman hias indoor yang bisa mengusir serangga atau menyaring racun di udara,

Dalam setiap aspek kehidupan, nampaknya penting untuk selalu memperhatikan kesehatan. Apalagi jika aspek ini bisa didapatkan hanya dengan meletakkan tanaman hias dalam rumah. Tapi, kamu tidak boleh sembarangan dalam menentukan tanaman hias yang akan digunakan.

Bila demikian, tanaman apa saja yang cocok digunakan di dalam ruangan dan memiliki nilai kesehatan?

10 Jenis Tanaman Indoor Terbaik Untuk di Rumah dan Kantor

Dari banyaknya tanaman yang ada di Indonesia, inilah beberapa tanaman yang cocok untuk diletakkan dalam ruangan. Berikut ulasan dan manfaatnya untuk kesehatan:

Palem

tanaman palem indoor

Tanaman yang cocok diletakkan dalam ruangan adalah Palem. Tanaman ini cocok diletakkan dalam sebuah pot cantik dan diletakkan pada sudut ruangan.

Tidak hanya memberikan keindahan, Palem dapat menetralisir zat berbahaya karena asap rokok. Namun, akan lebih cocok jika menempatkan pohon palem, saat rumah memiliki visual hunian dengan gaya mediteranian.

Lavender

tanaman lavender

Lavender merupakan tanaman yang cocok digunakan di dalam ruangan. Tidak hanya cantik, wanginya dapat membuat rumah aman dari Nyamuk.

Selain itu, Lavender dapat dimanfaatkan untuk merelaksasi pikiran. Untuk menempatkannya, kamu dapat meletakkan Lavender pada bagian sudut kamar ataupun diletakkan pada ruang santai keluarga.

English Ivy

tanaman english ivy

Bentuknya menyerupai pepohonan Mapple. Namun yang membedakan adalah cara tumbuhnya, di mana English Ivy tumbuh dengan merambat pada tembok ataupun dinding rumah.

Walaupun hidup dengan merambat, kamu tidak perlu khawatir akan keamanan dinding. Karena tanaman ini tidak memiliki sifat merusak.

Terlebih, tanaman ini memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai obat herbal untuk penyakit batuk.

Tanaman ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko tanaman hias terdekat.

Beringin Karet

Kamu mencari tanaman yang dapat tumbuh tanpa perawatan ekstra? Maka, tanaman ini cocok dijadikan pilihan. Di mana, tanaman hanya membutuhkan air saat tanahnya kering. Selain itu, tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari secara langsung.

Satu keunikan tanaman ini adalah dapat digunakan sebagai pembersih udara alami, sehingga cocok diletakkan di rumah.

Monstera

tanaman monstera

Namanya memang cukup horror saat didengar. Namun sebenarnya tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk udara dalam ruangan.

Monstera memiliki manfaat yang baik utamanya di malam hari. Karena Monstera menyerap CO2 di malam hari dan melepaskan oksigen setelahnya. Karenanya udara akan terasa lebih segar di pagi hari.

Lidah Mertua

tanaman lidah mertua

Apakah kamu tidak mengenal tanaman yang satu ini? Tanaman ini cukup terkenal di masyarakat karena memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menyerap polusi udara dan debu dalam rumah.

Tanaman ini cocok untuk pemilik yang memiliki alergi terhadap debu. Cobalah untuk meletakkannya di sudut ruangan, namun yang terutama di pintu masuk rumah.

Kaktus

kaktus indoor

Walaupun termasuk tanaman yang mungil, namun tidak dengan khasiatnya. Jenis tanaman indoor terbaik dengan ukuran mungil ini dapat memberikan manfaat kesehatan besar. Di mana, tanaman ini dapat mengurangi efek radiasi dari layar komputer dan alat elektronik lainnya.

Kamu dapat menempatkannya di meja kerja atau menempatkannya di meja makan rumah.

Lili Paris

source : mediarooang

Siapa yang mengatakan bahwa mencari Lili Paris di pasaran sulit? Kamu dapat menemukannya dengan mudah di pasaran. Ukurannya tidak terlalu besar dan cocok diletakkan di tengah meja kosong di rumah.

Kamu yang tertarik memilikinya dapat menikmati oksigen yang lebih segar di rumah. Karena Lili Paris dapat mengubah karsinogen, nikotin dan benzena menjadi oksigen baik.

Bunga Krisan

bunga krisan

Tanaman yang sebelumnya adalah tanaman-tanaman hijau yang tidak memiliki bunga. Tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan untuk memperindah dan menjadi kesehatan kamu. Karena Bunga Krisan memiliki kemampuan untuk dapat menyerap amonia, formalin, xilena dan zat buruk lain yang ada dalam ruangan. Namun, tanaman ini tidak boleh terkena sinar matahri langsung.

Spider Plant

spider plant

Satu lagi tanaman yang dapat dijadikan pilihan adalah Spider Plant. Tanaman ini dapat menjaga kadar kualitas udara dalam ruangan. Karena tanaman dapat menyerap zat-zat buruk dalam ruangan dan melindungi kualitas udara dari zat kimia berbahaya.

Menariknya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga dapat bertahan hidup tanpa perlu terlalu diurus.

Beberapa tanaman inilah yang dapat dijadikan pilihan jika kamu berencana menempatkan tanaman di dalam rumah. Setelah memilihnya, lantas bagaimana cara merawat tanaman-tanaman tersebut?

5 Cara Merawat Tanaman Indoor

Walaupun tanaman indoor tidak membutuhkan banyak perawatan, kamu tetap harus merawatnya secara berkala. Tujuannya, agar tanaman tidak mati. Lantas, bagaimana cara merawat tanaman tersebut?

Sinar Matahari

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kadar sinar matahari yang harus diberikan untuk tanaman. Sinar matahari untuk tanaman seperti Spider Plant dan Lili Paris tidak memerlukan terlalu banyak sinar matahari.

Sebenarnya tanaman indoor yang lain memiliki sifat yang sama. Jadi, kamu tidak perlu terlalu sulit untuk melakukan perawatan.

Kadar Air

Walaupun tidak membutuhkan terlalu banyak air, kamu harus memberikan air secara berkala. Disarankan untuk melakukan penyiraman pada 2-3 hari sekali. Bila terlupa, tidak masalah untuk memberikan air seminggu sekali. Namun satu yang perlu selalu diperhatikan, di mana bila tanaman mulai layu, segeralah lakukan penyiraman.

Ukuran Tanaman

Bagian berikutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran tanaman. Ukuran tanaman yang ada dalam ruangan tidak boleh terlalu besar. Karena nantinya dapat menganggu aktivitas dalam rumah.

Kamu perlu melakukan perawatan secara berkala, utamanya saat ukuran tanaman sudah terlalu besar. Di sinilah, dibutuhkan pemotongan dahan utamanya untuk jenis tanaman indoor terbaik seperti kaktus.

Suhu Ruangan

Tanaman hias dapat saja mengalami kekeringan, jika mengalami penurunan suhu secara drastis. Untuk itu, selalu perhatikan suhu ruangan agar tanaman tidak layu dan mati.

Untuk beberapa tanaman hias disarankan untuk menjaga kelembapannya pada suhu 22-25 derajat celcius. Sedangkan tanaman hias seperti beringin bonsai dan lidah mertua tidak membutuhkannya.

Mengganti Media Tanam

Hal berikutnya adalah memperhatikan media tanam. Media tanam harus diganti, agar tetap memiliki kandungan material organik dan mampu menjaga kandungan air dengan sempurna.

Media tanam perlu disimpan dalam pot yang memiliki kemampuan menjaga kelembapan tanah. Perlu diingat, bahwa perawatan ini harus dilakukan pada seluruh jenis tanaman indoor.

Lihat juga : Jenis Tanaman Hias Daun Terbaik buat Dirumah

Kamu yang memiliki kesempatan merenovasi rumah, dapat memasukkan jenis tanaman indoor terbaik ini sebagai tambahan aksen. Bila masih bingung, cukup sesuaikan dengan gaya calon hunian. Atau dapat pula disesuaikan dengan properti yang akan digunakan dalam rumah.

Masih kesulitan? Coba manfaatkan semua jenis tanaman hias indoor di atas, jika tidak sesuai manfaatkan dengan meletakkannya dalam ruangan kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *