11 Jenis Tanaman Hias Rambat Terbaik untuk Kebun, Rumah, dan Taman

Tanaman menjadi salah satu pilihan untuk menghiasi pekarangan rumah. Bahkan cocok untuk hiasan depan ataupun di sekitar rumah. Jenis tumbuhan tersebut lebih dikenal dengan nama tanaman hias. Berbeda dengan jenis tumbuhan lain, tanaman hias lebih menonjolkan keindahan baik itu dari bunga, daun, ukuran, batang dan lainnya.

Ada yang ditanam di atas pot menjulang ke atas dan juga merambat. Akan tetapi kali ini kita akan membahas mengenai jenis tanaman hias merambat. Tumbuhan rambat yang bukan hanya sekedar tumbuh, tapi juga indah dan menumbuhkan kesan berbeda.

Pilihan tanaman hias yang merambat tidaklah sedikit. Ada yang tumbuh dengan mudah ada pula yang memerlukan perawatan khusus. Ada yang berbunga dan ada juga yang hanya berupa daun. Satu dan lainnya punya keistimewaan tersendiri, jadi bisa dipilih sesuai selera. Jadikan rumah, kebun maupun taman yang kamu miliki menjadi lebih indah dengan tanaman hias jenis rambat.

11 Macam Tanaman Hias Merambat Terbaik di 2020

Berbicara mengenai tanaman hias, rupanya tumbuhan ini bisa diletakkan dimana saja. Bisa di rumah, kebun, taman bahkan di tempat umum lainnya. Pasalnya, tumbuhan merambat ini mampu memberikan keindahan yang natural dan meneduhkan sekitar, terutama saat tumbuh lebat.

Untuk Kamu yang ingin mencari tanaman hias merambat, berikut adalah daftar rekomendasi yang juraganhobi berikan.

Bunga Morning Glory

Morning Glory termasuk jenis bunga yang populer dan sangat cocok tumbuh di wilayah tropis mau dingin. Tanaman akan berbunga dengan warna ungu ketika mendapatkan cahaya matahari yang intens. Tapi kalau kurang, warnanya akan biru. Sama-sama indah, bukan?

Tumbuhan merambat jenis satu ini sangat mudah perawatannya. Bisa tumbuh tanpa perawatan khusus. Cocok ditanam pakai pot gantung dan merambat ke dinding maupun di pot bawah. Kemudian untuk pupuk bisa diberikan 2-3 sekali saja. Kalau untuk menyiraminya bisa setiap pagi. Bahkan 5-7 hati pun tak apa. Setiap hari berbunga dan pastinya di waktu pagi, seperti namanya.

Tanaman Alamanda

Tumbuhan Alamanda termasuk salah satu tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Memiliki bunga dengan warna kuning cerah dan ukurannya relatif besar. Tanaman ini juga mudah merambat, bahkan Kamu bisa pilih Alamanda untuk menghiasi pagar maupun pekarangan di depan rumah.

Bunga Bugenvil

Bugenvil atau yang sering disebut bunga kertas rupanya bisa tumbuh merambat lho. Hanya saja kebanyakan bunga ini ditanam di pot saja. Bugenvil dapat tumbuh merambat dan berbunga dengan cepat. Jenis bunga ini juga banyak ditemui di ruang terbuka ataupun di rumah-rumah. Pasalnya, tumbuhan tersebut dapat berbunga sepanjang hari dan tidak mudah layu.

Bunga Dipladenia

source: pixabay.com

Lihat juga: Jenis Tanaman Bunga Terbaik

Merupakan salah satu jenis tanaman merambat dengan bunga berwarna merah cantik. Tumbuhan ini dapat merambat dan semakin lebat jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jadi, sangat cocok ditanam di mana saja. Mengingat iklim di negeri kita adalah tropis, bunga Dipladenia sangat cocok ditanam, kan?

Tanaman Mandevilla Sanderi

Adalah tanaman hias tropis dengan bunga berbentuk seperti terompet. Berwarna pink, putih, merah dan bentuknya bertumpuk seperti mawar. Jadi terlihat sangat cantik, kan? Apalagi, bunga Mandevilla dapat tumbuh dengan mudah dan semakin subur jika memperoleh cahaya matahari yang intens. Cocok ditanam di mana saja, tanpa harus ada perawatan khusus.

Air Mata Pengantin

Tumbuhan ini memiliki bunga indah berwarna pink dan bercampur pink muda, kadang putih. Ukurannya sangat kecil tapi berbunga dalam jumlah banyak. Tanaman Air Mata Pengantin ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Selain bisa tumbuh lebat, bunganya yang indah.

Flame of Irian

Jenis tanaman hias merambat satu ini berasal dari Irian seperti namanya. Meskipun harganya mahal dan cukup sulit ditemui, bunga Flame of Irian dapat tumbuh subur di berbagai wilayah di Indonesia. Bunganya berwarna orange cerah dan menjuntai ke bawah. Sangat indah sekali dan cocok untuk menghiasi kanopi rumah ataupun di taman-taman terbuka. Tumbuh lebat dengan bunga yang cantik memberikan keindahan dan sekitar tampak rindang.

Bunga Clematis

Berbeda dengan jenis tanaman hias rambat sebelumnya, bunga Clematis lebih cocok dan hidup di kawasan yang sejuk. White Clematis banyak ditemui di daerah Lembang, Jawa Barat. Sekilas, bunga ini mirip seperti melati. Kelopaknya berwarna putih dengan warna putik kuning. Dalam sekali berbunga, Clematis bisa mekar dalam jumlah banyak. Aromanya juga harum dan disukai oleh banyak orang.

Tanaman Soapwort

Tumbuhan Soapwort mempunyai bunga yang lebat tapi ukurannya sangat kecil. Warnanya pink dan menghasilkan aroma wangi yang menyenangkan. Tanaman tersebut juga mudah tumbuh dan cepat merambat.

Tanaman satu ini sangatlah cocok untuk ditanam di kanopi maupun di pagar. Sekali merambat, Soapwort dapat tumbuh dengan mudah dan cepat berbunga.

Tumbuhan Lee Kuan Yew

Merupakan tanaman hijau yang tumbuh merambat. Seringkali ditanam sebagai hiasan interior maupun eksterior, karena memang tumbuhan ini sangat indah. Tanaman Lee Kuan Yew dapat tumbuh merambat hingga 3 meter dan biasanya diarahkan menjuntai ke bawah seperti tirai hijau yang indah.

Buah Markisa

Lihat juga: 10 Jenis Tanaman Hias Outdoor Terbaik

Kalau Kamu cari tanaman hias yang berbunga dan menghasilkan buah, tumbuhan Markisa jawabannya. Tanaman ini biasanya ditanam di area terbuka karena mudah sekali tumbuh dan lebat. Bahkan cepat berbunga dan menjadi buah Markisa. Bunganya sangat cantik dengan warna putih dan ungu yang berpadu. Cocok untuk dipilih sebagai tanaman hias di taman, rumah maupun di ruang terbuka lainnya. Ketika berbuah, Markisanya juga bisa dikonsumsi dan kaya akan manfaat.

Itulah kesebelas tanaman hias merambat yang bisa Kamu pilih untuk di rumah, taman maupun di pekarangan. Bukan hanya satu tanaman yang dapat dipilih, tapi beberapa pun tak jadi masalah kan?

Manfaat Tanaman Hias Merambat

Rupanya, menanam tanaman hias banyak manfaatnya lho, beberapa diantaranya:

  • Tanaman hias mampu mengurangi debu dalam ruangan
  • Mengurangi polusi udara di sekitarnya
  • Menyejukkan ruangan
  • Menyimpan cadangan air
  • Memberi keharuman alami
  • Mencegah erosi tanam
  • Menjaga keanekaragaman hayati
  • Menambah nilai estetika pada suatu ruang maupun tempat
  • Memperindah lahan yang kosong
  • Menghilangkan partikel-partikel beracun yang berasal dari udara
  • Menjadi obat nyamuk alami.

Dan masih banyak lagi keuntungan menanam jenis tanaman hias rambat. Bagaimana menurutmu? Kamu bisa menjumpai berbagai jenis tanaman hias di toko terdekat. Bahkan bukan hanya di offline, toko online pun bisa. Jadi, menanam tumbuhan hias bukan lagi hal yang sulit. Sekali tanam, tumbuhan yang dijaga akan tumbuh dengan subur dan semakin lebat.

Untuk Kamu yang ingin memilih tanaman, sebaiknya pilih sesuai kondisi lahan. Sebab tanaman memiliki tempat tumbuh yang berbeda-beda. Seperti contohnya jika Kamu tinggal di wilayah perkotaan dan umumnya minim udara sejuk, Kamu bisa pilih jenis tanaman hias merambat yang cocok untuk daerah tropis. Jadi tumbuhan tersebut lebih mudah tumbuh dan semakin subur. Bukan hanya tumbuh dalam waktu sehari dua hari, tapi lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *