Cara Memelihara Ikan Tetra dan Tips Budidaya Lengkap

Ikan hias neon tetra memiliki nama ilmiah paracheirodon innesi. Ikan hias yang berukuran kecil ini sangat populer di kalangan pecinta ikan di Indonesia. Beberapa orang memilih memeliharanya karena keunggulan yang dimiliki oleh ikan ini.

Ikan ini selain memiliki sifat tenang juga dapat dengan mudah beradaptasi. Ukuran ikan ini hanya sekitar 4 cm saja. namun umurnya cukup lama, bisa mencapai 4 tahunan.

Adapun warnanya pun bermacam-macam, dan kebanyakan memiliki warna cerah.  Untuk mengetahui bagaimana cara memelihara ikan tetra silakan simak ulasan di bawah ini.

Cara Memelihara Ikan Tetra Dan Perawatan

lkan tetra memiliki ukuran yang cukup kecil, biasanya orang-orang tidak bisa memeliharanya dalam waktu lama karena tidak tahu bagaimana cara memelihara dan merawat ikan tetra tersebut.

Memelihara ikan ini sebenarnya tidaklah sulit, namun memang ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum memelihara ikan ini. Maka berikut akan dijelaskan cara yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda ketika hendak memelihara ikan tetra.

Memperhatikan Akuarium Ikan Tetra

Ikan tetra kecil ini rupanya cukup pemalu, sehingga ia lebih cocok tinggal di akuarium yang memiliki dimensi minimum 20 gallons atau setara dengan 80 liter  air. Kemudian suhu yang tepat di dalam akuarium sekitar 21-27 derajat celcius.

Ketika Anda baru pertama kali membeli, maka setidaknya diamkan dulu ikan tetra di dalam plastik sambil dimasukkan ke akuarium. Setelah beberapa saat, barulah buka plastiknya. Hal ini dilakukan agar ikan tetra tidak shock di air yang baru.

Setelah ikan tetra ditempatkan di akuarium, maka Anda harus menjaga kehangatan atau suhu air tersebut. Dan jangan lupa untuk mengganti airnya setidaknya satu kali dalam seminggu.

Nah, di akuarium tersebut Anda dapat menempatkan beberapa aksesoris yang akan membuat ikan tetra merasa berada di habitat aslinya. Anda bisa mengisi akuarium dengan batu-batuan atau tanaman-tanaman supaya dapat digunakan ikan tetra untuk bermain-main.

Memberikan makanan untuk ikan tetra

Cara memelihara ikan tetra berikutnya adalah dengan memperhatikan makanannya. Ikan ini bisa makan makanan hidup, buatan, maupun yang beku. Namun karena ikan tetra berukuran kecil, maka Anda juga harus memberinya makanan dengan ukuran yang kecil pula.

Adapun makanan favorit ikan tetra adalah cacing putih, cacing tubifex, udang asin, atau cacing darah. Jika tidak bisa memberinya makanan hidup, Anda tak perlu khawatir, Anda bisa memberinya pelet ikan hias air tawar biasa.

Memahami cara perkembangbiakan ikan tetra

Ikan tetra ini dapat dikembangbiakkan di rumah. Selain memahami cara untuk memelihara ikan tetra, Anda juga perlu mempelajari bagaimana ikan ini berkembangbiak. Jika Anda ingin mengembangbiakkan di rumah, Anda harus membuatkan akuarium yang menyerupai habitat asli ikan ini.

Anda juga harus memberi ikan makanan yang bergizi, supaya dapat menghasilkan telur dari perkawinan ikan betina dan jantan. Jika ikan tetra bertelur, maka telur tersebut akan menetas dalam waktu sekitar tiga hari. Di waktu-waktu inilah Anda perlu benar-benar memperhatikan tempat sang ikan.

Baca juga : Tips dan Cara Memelihara dan Merawat Ikan Cupang

Nah, itulah tadi beberapa hal mengenai cara memelihara dan merawat ikan tetra dan juga bagaimana perkembangbiakan ikan tersebut. Apabila Anda ingin ikan tetra yang Anda miliki tahan lama atau tidak cepat mati, maka ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips yang ada di atas.

Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan ikan tetra supaya tetap menjadi peliharaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *